Bagikan:

YOGYAKARTA – Postur tubuh yang baik, ketika leher, punggung tengah, dan punggung bawah dekat pinggul tidak membungkuk. Artinya tulang belakang sejajar dengan benar dan kepala terangkat tinggi, serta bahu, pinggang, dan pinggul berada sejajar di atas lutut. Apabila memiliki postur tubuh yang buruk rentan mengalami masalah kesehatan berikut.

1. Masalah pencernaan

Postur tubuh bungkuk dapat mengakibatkan sistem pencernaan yang lambat. Ini membuat makanan bergerak lebih lambat dan diproses kurang efisien. Postur tubuh yang bungkuk juga memberi tekanan pada perut sehingga rentan dengan mulas dan refluks asam.

masalah kesehatan rentan dialami apabila memiliki postur tubuh yang buruk
Ilustrasi masalah kesehatan rentan dialami apabila memiliki postur tubuh yang buruk (Freepik/8photo)

2. Inkontinensia

Membungkuk meningkatkan tekanan pada kandung kemih. Bagi seseorang yagn sudah mengalami dasar panggul lemah, tekanan akan bertambah. Ini menyebabkan ngompol lebih sering.

3. Nyeri sendi dan otot

Tidak menjaga tulang belakang dalam posisi yang benar, dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh. Ketidakseimbangan ini terjadi pada punggung bawah, pinggul, lutut, leher, dan otot-otot terkait. Mengalami ketidakseimbangan ini menyebabkan rentan nyeri sendi dan otot.

4. Keausan tulang belakang

Tulang-tulang pada tulang belakang akan terus berderak karena postur tubuh membungkuk. Ini dapat membebani kerangka tubuh. Seiring waktu, dapat membuat tulang belakang rapuh dan rentan terhadap cedera.

5. Kesulitan bernapas

Punggung membungkuk atau posisi membulat membuat dada cekung. Ini membuat paru-paru tidak memiliki ruang leluasa untuk mengembang sepenuhnya dan terisi oksigen. Melansir UCLA Health, Rabu, 11 September, memiliki postur tubuh yang buruk rentan mengalami kesulitan bernapas.

Lewat penjelasan mengenai masalah kesehatan yang rentan dialami apabila memiliki postur tubuh buruk di atas, penting kiranya mulai latihan untuk memperbaiki postur tubuh. Ambil posisi duduk yang benar saat harus bekerja kantor. Luangkan waktu untuk peregangan ringan dan usahakan rutin olahraga guna mengurangi risiko di atas.