Tokopedia dan ShopTokopedia Dorong Kemajuan Industri Batik di Era Digital

JAKARTA - Tokopedia dan ShopTokopedia melalui kampanye #MelokalDenganBatik berupaya memajukan industri batik lokal di era digital demi membawa dampak positif terhadap perekonomian nasional.

Melihat potensi industri batik lokal yang sangat besar itu lah yang akhirnya membuat Tokopedia dan ShopTokopedia berupaya mengakselerasi pemanfaatan platform digital bagi sebanyak-banyaknya UMKM batik untuk menciptakan peluang dan berkontribusi terhadap ekonomi digital nasional. 

"Salah satunya dengan menggencarkan kampanye #MelokalDenganBatik sejak Januari 2024 di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Solo dan Yogyakarta," jelas Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Antonia Adega dalam pernyataannya pada Senin, 12 Agustus.

Selain itu, Tokopedia dan ShopTokopedia bersama pemerintah setempat juga telah berupaya melakukan Akselerasi Digitalisasi UMKM Lokal Batik melalui pelatihan berbisnis online yang komprehensif, termasuk di Solo dan Yogyakarta.

"Hampir 500 UMKM batik mengikuti pelatihan bisnis online dan 50 persen dari peserta memutuskan membuka toko di ShopTokopedia," ujar Antonia lebih lanjut.

Di sisi lain, Tokopedia dan ShopTokopedia juga menghadirkan Halaman Khusus #MelokalDenganBatik di aplikasinya untuk memberikan dukungan menyeluruh, mulai dari pemasaran, promosi, dan eksposur eksklusif, untuk produk batik. 

Ada pula Shoppertainment Batik dimana Tokopedia dan ShopTokopedia berkolaborasi dengan sejumlah kreator konten untuk meningkatkan minat terhadap batik, dengan membantu audiens yang tertarik menemukan konten batik yang menghibur dan informatif, sekaligus meningkatkan eksposur dan penjualan UMKM lokal batik.

Berkat kampanye #MelokalDenganBatik, tren belanja online batik di tengah masyarakat meningkat. Di Tokopedia, selama Kuartal II dibanding Kuartal I 2024, beberapa produk batik dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain rok batik, syal batik, dan celana batik, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 1,5 kali lipat. 

"Tokopedia dan ShopTokopedia berharap dengan adanya kampanye kolaborasi seperti

#MelokalDenganBatik, akan lebih banyak lagi UMKM yang merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online," tutup Antonia.