JAKARTA - Tokopedia dan ShopTokopedia membantu pelaku usaha di Indonesia memulai dan membangun bisnis, serta mempermudah masyarakat menjangkau berbagai produk kebutuhan, lewat pemanfaatan teknologi.
"UMKM merupakan salah satu mitra strategis Tokopedia dan ShopTokopedia. Kini sudah ada lebih dari 21 juta penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia yang mayoritas UMKM,” kata Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan.
Sinergi antara Tokopedia dan ShopTokopedia ini akhirnya memberikan panggung lebih luas bagi pelaku usaha di Indonesia termasuk UMKM, serta mempermudah masyarakat mengakses produk lokal.
“Misalnya, Tokopedia dan ShopTokopedia bersama Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) meluncurkan kampanye dan fitur Beli Lokal pada momen tanggal kembar Desember 2023 untuk memberikan etalase khusus bagi brand lokal, dan mendorong lebih banyak masyarakat memakai produk lokal," jelas Aditia.
Aditia juga menyebutkan sejumlah wilayah yang turut mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia, antara lain: Jepara (Jawa Tengah), Cirebon (Jawa Barat), dan Ciamis (Jawa Barat), dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat.
BACA JUGA:
Adapun, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia, berdasarkan data dari Tokopedia, Semester I 2024 dibandingkan Semester II 2023 - Data Nasional/Indonesia, adalah popok, hampers, dan aksesoris kamera dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 9 kali lipat.
Selain itu, sejumlah wilayah penjual di halaman Beli Lokal ShopTokopedia mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain: Sulawesi Barat, Bali, dan Sulawesi Tengah, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 1,5 kali lipat.
Adapun, beberapa produk dari penjual di halaman Beli Lokal pada ShopTokopedia dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain: buku dan majalah, perlengkapan renovasi rumah, dan sepatu, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat.