Bagikan:

JAKARTA - Di tahun 2025, Tokopedia, TikTok, dan ShopTokopedia akan fokus untuk mendorong pelaku usaha (seller) mengadopsi teknologi yang ada di platform mereka, untuk memperluas jangkauan pelanggan.

Karena menurut Head of Communications of Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, fitur seperti live streaming, konten video pendek, serta kolaborasi dengan affiliator, akan membantu seller meningkatkan penjualan mereka.

"Kami tidak memiliki target spesifik (untuk 2025). Kita lagi dorong seller-seller untuk mulai menggunakan, memanfaatkan fitur-fitur seperti live atau bikin short video buat konten atau juga connect dengan affiliator,” kata Adit pada Senin, 23 Desember.

Karena menurutnya, tantangan utama di 2024 dan 2025 adalah membantu seller beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan perubahan pola konsumsi.

Maka dari itu, Tokopedia dan ShopTokopedia terus berkomitmen memberikan edukasi dan pemberdayaan seller untuk memanfaatkan media seperti live streaming dan konten video pendek guna meningkatkan visibilitas mereka.

“Mungkin yang kita lagi kejar terus sih soal bagaimana seller bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi baru, agar mereka bisa lebih banyak meraih keuntungan,” tambahnya.

Selain untuk penjual, Adit melihat juga kalau fitur-fitur yang disebutkan tadi bisa dapat menguntungkan pembeli. Sehingga mereka bisa dengan mudah menemukan produk yang cocok dengan lebih cepat.

“Seller dia bisa dapat pembeli lebih luas lagi. Sementara pembeli sendiri lebih gampang juga menemukan barang yang bisa dia search di Tokopedia, atau mungkin dia lagi lihat konten eh ternyata muncul barang-barang yang dia butuhkan,” tandasnya.