Serangan ke Sekolah di Gaza Tewaskan 90 Orang Tewas, Israel Kembali Perintahkan Warga di Khan Younis Mengungsi

JAKARTA -  Israel memperluas perintah evakuasi di Khan Younis di Jalur Gaza selatan, memaksa puluhan ribu warga Palestina dan keluarga pengungsi meninggalkan tempat itu dalam kegelapan ketika ledakan tembakan tank bergema.

Militer Israel mengatakan pihaknya menyerang militan dari kelompok Hamas – yang menguasai Gaza sebelum perang – yang menggunakan wilayah tersebut untuk melancarkan serangan dan menembakkan roket.

Pada Sabtu, serangan udara Israel terhadap sekolah tempat pengungsi Palestina berlindung di Kota Gaza menewaskan sedikitnya 90 orang, menurut dinas pertahanan sipil, yang memicu kecaman internasional.

Militer Israel mengatakan mereka telah menyerang pos komando militan Hamas dan Jihad Islam. Israel membunuh 19 militan.

Di Khan Younis di selatan Jalur Gaza, instruksi evakuasi mencakup distrik-distrik di tengah, timur dan barat, menjadikannya salah satu perintah evakuasi terbesar dalam konflik yang telah berlangsung 10 bulan, dua hari setelah tank kembali ke timur Jalur Gaza. kota.

Dilansir Reuters, Senin, 12 Agustus, pengumuman perintah mengungsi tersebut diposting di X dan dalam pesan teks dan audio ke telepon warga: "Demi keselamatan Anda sendiri, Anda harus segera mengungsi ke zona kemanusiaan yang baru dibuat. Area tempat Anda berada dianggap sebagai zona pertempuran berbahaya."

Philippe Lazzarini, kepala badan PBB untuk pengungsi Palestina UNRWA, mengatakan orang-orang di Gaza terjebak dan tidak punya tempat untuk pergi.

“Ada yang hanya mampu membawa anak-anaknya, ada pula yang membawa seluruh hidupnya dalam satu tas kecil. Mereka pergi ke tempat-tempat yang penuh sesak di mana tempat penampungan sudah penuh dengan keluarga. Mereka kehilangan segalanya dan membutuhkan segalanya,” katanya.

Tentara Israel mengatakan telah menyerang sekitar 30 sasaran militer Hamas dalam 24 jam sebelumnya, termasuk bangunan militer, pos peluncuran rudal anti-tank, dan fasilitas penyimpanan senjata.

Sayap bersenjata Jihad Islam mengatakan para pejuang menembakkan bom mortir terhadap pasukan Israel yang berkumpul di wilayah timur Khan Younis.

Pada Minggu malam, serangan udara Israel di dekat pasar Khan Younis di pusat kota menewaskan empat warga Palestina dan melukai beberapa lainnya, kata petugas medis.

Garis asap membubung dari daerah tempat pesawat Israel melakukan serangan di bagian timur dan barat kota. Warga mengatakan dua bangunan bertingkat dibom.