Pola Pikir Orang Lain yang Bikin Enggak Produktif, Begini 5 Cara Menghadapinya

YOGYAKARTA – Pola pikir orang lain adalah salah satu hal yang tidak bisa dikontrol. Sialnya, hal tersebut bisa memengaruhi produktivitas kita. Betapa tidak, energi yang harusnya fokus dialokasikan untuk menyelesaikan prioritas kita sendiri terlebih dahulu, bisa terkuras habis akibat pola pikir orang lain yang tidak produktif. Untuk menghadapi pola pikir yang bikin kita enggak produktif itu, begini caranya.

1. Pedulikan kesejahteraan diri sendiri

Seringkali, mengabaikan energi negatif orang lain sulit sekali di tempat kerja, misalnya. Itu artinya, pedulikan kesejahteraan Anda sendiri terlebih dahulu. Maksudnya, kesejahteraan adalah cara mendapatkan sumber energi utama untuk membangun vitalitas Anda. Melansir penjelasan pelatih leadership dan psikolog organisasi, Jamie Saphiro, Ph.D., isi ulang kesejahteraan berarti memiliki sumber daya fisik, psikologis, emosional, dan spiritual batin. Dengan begitu, Anda memiliki kapasitas penuh mengatasi pola pikir yang enggak produktif.

Ilustrasi cara menghadapi pola pikir orang lain yang bikin enggak produktif (Freepik/cookie_studio)

2. Periksa sumber energi Anda

Memeriksa sumber energi setelah berinteraksi dengan orang lain, penting dilakukan, saran Saphiro dilansir Psychology Today, Minggu, 11 Agustus. Apakah interaksi tersebut netral, memberi energi, ataukah menguras energi, kenalilah ini. Identifikasi alur interaksi secara teratur. Dengan begitu Anda kenal mana yang akan menguras energi dan bikin enggak produktif.

3. Tetapkan batasan dan pertahankan

Setelah Anda memahami interaksi mana yang menguras energi, tetapkan batasan untuk melindungi diri sendiri dan mengelola energi Anda. Kalau pola pikir orang lain tidak bisa dikontrol, Anda bisa menetapkan batasan untuk mengontrol seberapa banyak energi yang bisa Anda alokasikan. Batasan mencakup jumlah waktu, seberapa banyak bekerja dan berinteraksi dengan mereka, dan cara Anda berkomunikasi dengan mereka.

4. Menyadari peran Anda

Ada saat di mana Anda bisa membantu orang lain. Tetapi sebaliknya, Anda juga bisa menyadari sebatas apa peran Anda supaya tetap produktif. Alih-alih terobsesi untuk mencoba mengendalikan apa yang sebenarnya tidak dapat Anda ubah. Lebih baik belajar antara yang dapat dan tidak dapat Anda ubah.

5. Bersyukur bermanfaat membangun pola pikir positif

Bersyukur bukan berarti menyerah dengan apa yang ada di sekitar Anda. Tetapi bersyukur dapat mengembangkan pola pikir positif. Karena bersyukur mengaitkan ketahanan yang lebih baik dan kesejahteraan. Menumbuhkan rasa syukur memfokuskan perhatian kita pada apresiasi dan melihat setiap momen sebagai anugerah.

Itulah kelima cara menghadapi pola pikir orang lain yang bikin enggak produktif. Saran Saphiro, kaku dan egois bisa menguras energi orang lain. Maka mengevaluasi setiap jejak langkah Anda, bisa membantu memperbaiki diri dan mengelola ke mana energi positif bisa dikerahkan.