860 Unit Mazda CX-60 dan CX-90 Ditarik Kembali di Australia karena Masalah Ini

JAKARTA - Kabar tak sedap datang dari Mazda yang harus menarik kembali atau recall, 860 unit model CX-60 dan CX-90 2023-2024.

Berdasarkan laporan dari media lokal Drive, Selasa, 6 Agustus, masalah penarikan kembali untuk model yang disebutkan di atas dikarenakan adanya masalah perangkat lunak kontrol transmisi.

Laporan tersebut mengungkapkan kendaraan yang terdampak recall tersebut diberi stempel model 2023 hingga 2024, namun demikian model yang dimaksud bisa saja dijual kemungkinan hari.

"Karena masalah perangkat lunak pada modul kontrol transmisi, jika pedal rem ditekan dengan kuat untuk menghentikan kendaraan, kopling untuk mesin dan motor listrik mungkin tetap terlepas selama perlambatan, jika hal tersebut terjadi, tenaga dari mesin atau motor listrik tidak dapat disalurkan saat pedal akselerator ditekan," tulis pernyataan Departemen Infrastruktur setempat.

Departemen setempat juga mengungkapkan efek dari masalah tersebut, bahkan risiko paling parah bisa menyebabkan kematian bagi penumpang kendaraan dan pengguna jalan lainya.

"Jika tenaga tidak disalurkan dari mesin atau motor listrik saat pedal akselerator ditekan, hal ini dapat meningkatkan risiko cedera serius atau kematian bagi penumpang kendaraan dan pengguna jalan lainnya," bunyi pernyataan tersebut.

Menyikapi masalah di atas, pemilik kendaraan yang terkena dampak akan dihubungi oleh Mazda Australia dan akan menjadwalkan temu janji di dealer Mazda pilihan pelanggan, untuk memperbaiki kalibrasi modul kontrol transmisi tersebut secara gratis.