Pesawat Ruang Angkasa Cygnus Akan Kirim Pasokan Bahan Ilmiah ke Stasiun Luar Angkasa

JAKARTA – NASA, Northrop Grumman, dan SpaceX akan meluncurkan misi layanan pasokan komersial ke-21 pada Sabtu, 8 Agustus. Peluncuran ini akan menggunakan wahana antariksa Cygnus.

Melalui misi ini, NASA dan dua perusahaan akan mengirimkan berbagai perlengkapan dan peralatan untuk penyelidikan ilmiah ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Ada banyak pasokan yang dibawa Cygnus dan beratnya mencapai 8.200 pon.

Pesawat ruang angkasa Cygnus milik Northrop akan diluncurkan dari Stasiun Angkatan Luar Cape Canaveral, Florida sekitar pukul 11.29 waktu setempat. Pesawat ini akan didorong ke luar angkasa menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX.

Saat tiba di ISS, Astronot NASA Matthew Dominick akan menangkap Cygnus menggunakan lengan robot stasiun. Setelah ditangkap, Cygnus akan dipasang ke port modul Unity agar para astronot bisa mengambil seluruh pasokan yang dibawa.

Peralatan dan perlengkapan yang dibawa Cygnus akan membawa artikel uji untuk evaluasi aliran cairan dan gas melalui media berpori, balon, Sen, dan biji heksagonal untuk demonstrasi STEM tentang gaya sentripetal, serta mikroorganisme untuk penelitian efek penerbangan antariksa terhadap mekanisme perbaikan DNA.

Selain itu, ada juga bioreaktor untuk mendemonstrasikan produksi sel induk darah dan imun yang berkualitas tinggi serta jaringan hati yang divaskularisasi untuk memantau perkembangan pembuluh darah di dalam jaringan rekayasa.

Pesawat Cygnus diperkirakan tiba pada 5 Agustus dan akan menetap hingga Januari. Setelah meninggalkan ISS, Cygnus akan masuk kembali ke Bumi dan akan terbakar hingga habis saat memasuki atmosfer.