Biar Enggak Terus-terusan Menyalahkan Diri Sendiri, Begini 5 Cara Menetralisir Kenangan Buruk

YOGYAKARTA – Terjerembap dalam pengalaman buruk masa lalu menyebabkan gangguan stres pascatrauma, kecemasa, dan depresi. Penelitian menunjukkan bahwa mengingat terus masa lalu yang tidak menyenangkan meningkatkan timbulnya masalah. Seperti mencari pelampiasan tidak sehat dengan gangguan makan hingga penyalahgunaan zat.

Bukan berarti merefleksikan masa lalu itu buruk. Tetapi berkutat pada masalah yang bikin menyalahkan diri sendiri dan merasa bersalah, tentu akan mengurangi kesejahteraan. Karena pemikiran negatif sulit sekali dihentikan, maka berikut cara menetralisir pengalaman buruk.

1. Kenali kapan perenungan atas masa lalu terjadi

Semakin sering Anda merenungkan masa lalu, semakin besar kemungkinan Anda terjebak dalam siklus negatif. Maka sadari kebiasaan berpikir yang tidak netral tentang masa lalu. Semakin cepat Anda menyadarinya, semakin cepat Anda memilih memikirkan sesuatu yang produktif.

Ilustrasi cara menetralisir kenangan buruk (Freepik/pikisuperstar)

2. Mencari solusi

Memikirkan masalah tidak akan membantu, kata psikoterapis Amy Morin dilansir Psychology Today, Rabu, 31 Juli. Jadi tanyakan pada diri sendiri apakah yang dapat dilakukan untuk mengatasi situasi tersebut. Berhenti berpusat pada pemikiran negatif tentang masa lalu, perlu komitmen, tambah Morin. Artinya carilah solusi supaya tidak dihantui masa lalu yang membuat Anda terhenti melakukan hal-hal positif.

3. Sisihkan waktu untuk berpikir

Mengelola waktu penting sekali sebab membantu otak memproses hal-hal yang terjadi dalam kehidupan. Maka berilah waktu 20 menit saja setiap hari untuk berpikir, khawatir, atau merenung. Kalau mulai melamun dan kenangan buruk terpanggil, katakanlah pada diri sendiri untuk memikirkannya nanti pada waktu yang sudah disisihkan.

Alihkan perhatian Anda

Selain mencari solusi, penting juga mencari aktivitas untuk mengalihkan perhatian. Misalnya menyelesaikan tugas yang lebih urgent. Seperti mengerjakan pekerjaan rumah tangga, olahraga, atau menelepon teman membicarakan topik yang berbeda.

Berlatih kesadaran

Kesadaran adalah kunci untuk hidup “saat ini”. Maka ketika dalam kesadaran penuh, Anda bisa sepenuhnya hadir pada saat ini. Ini bisa dilatih dengan meditasi.

Itulah cara menetralisir kenangan buruk dari masa lalu. Dengan begitu, Anda bisa berdamai dengan pengalaman yang tidak menyenangkan serta lebih menerima diri sendiri secara positif.