Panel Samping Gemini Akan Diluncurkan di Penampil PDF Google Drive

JAKARTA – Google meluncurkan panel samping Gemini di Google Drive pada Mei lalu, tetapi model bahasa besar (LLM) ini hanya muncul di halaman utama. Kini, panel samping Gemini terlihat di penampil PDF.

Dilansir dari 9to5google, panel samping ini menggunakan Gemini 1.5 Pro sehingga kemampuannya jauh lebih baik. Dengan menambahkan Gemini, pengguna Google Drive bisa merangkum isi PDF yang panjang dan sulit untuk dipahami.

Pengguna juga bisa mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan isi PDF, membuat panduan belajar atau draft email menggunakan konten PDF, dan memasuki informasi lebih lanjut dengan menggabungkan PDF dan file lainnya di Drive.

Integrasi Gemini ini bisa digunakan pada dokumen kertas atau Word yang diubah menjadi PDF, PDF yang dibuat dari komputer, PDF dengan tulisan yang banyak, dan PDF yang berisi banyak tabel rumit.

Untuk mengakses panel samping Gemini di PDF, buka situs web Google Drive dan klik dua kali pada PDF yang ingin dibuka. Setelah terbuka di tab baru, pengguna akan melihat ikon kilauan Gemini di sudut kanan atas layar.

Saat ikonnya diklik, panel samping akan muncul dengan warna hitam agar sesuai dengan latar belakang penampil PDF. Pengguna bisa mengecilkan atau menghilangkan panel samping dengan ikon kecil yang terlihat di bagian atas panel.

Panel samping Gemini untuk penampil PDF di Google Drive akan diluncurkan secara bertahap selama beberapa minggu mendatang. Pengguna yang bisa mengakses panel samping Gemini adalah pelanggan Google One AI Premium dan Add-on Gemini.