Olimpiade 2024: Rinov/Pitha Tersingkir

JAKARTA – Pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Hanintyas Mentari dipastikan gagal melangkah ke perempat final Olimpiade Paris 2024.

Kepastian tersebut didapat usai mereka menelan kekalahan dua gim langsung 13-21 dan 15-21 melawan pasangan tuan rumah, Thom Gicquel/Delphine Delrue, pada Senin, 29 Juli 2024, siang WIB.

Kekalahan ini membuat juara Spain Masters 2024 tersebut finis sebagai juru kunci Grup A. Dari bulu tangkis, mereka merupakan wakil kedua Indonesia yang dipastikan tersingkir.

Dari tiga pertandingan di fase grup, Rinov/Pitha hanya menang satu kali. Kemenangan satu-satunya terjadi pada pertandingan perdana saat melawan pasangan Korea Selatan, Kim Won-ho/Jeong Na-eun.

Mereka kemudian kalah di pertandingan kedua melawan unggulan pertama asal China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, dan menyusul kekalahan ketiga pada duel terakhir grup hari ini.

Dua tiket ke perempat final dari Grup A diamankan oleh Zheng/Huang dan Kim/Jeong. Pasangan pertama lolos sebagai juara grup, ganda Korea Selatan lolos sebagai runner-up.

Rinov/Pitha menyusul jejak ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang sebelumnya sudah gagal melaju ke perempat final sekalipun masih punya satu pertandingan sisa.