Mercedes-Benz dan Reeformers Kolaborasi untuk Program '1 Car for 100 Corals' di GIIAS 2024

JAKARTA - Mercedes-Benz berkolaborasi dengan organisasi konservasi laut, Reeformers, yang berfokus pada transplantasi karang, selama penyelenggaraan GIIAS 2024. Mereka meluncurkan program ‘1 Car for 100 Corals’, yang merupakan wujud komitmen Mercedes-Benz terhadap perlindungan iklim dan pengendalian polusi udara melalui pemulihan terumbu karang.

Dalam program ini, setiap pembelian mobil selama GIIAS 2024 akan mendonasikan dana untuk adopsi 100 terumbu karang di perairan Manado, Sulawesi Utara, yang dikelola oleh Reeformers. Terumbu karang diketahui menghasilkan lebih banyak oksigen daripada hutan hujan tropis, sehingga sangat penting untuk ekosistem laut dan udara bersih.

"Selaras dengan kampanye internasional Mercedes-Benz, yaitu Land-Sea-Air, kami berupaya mencapai bisnis otomotif yang lebih berkelanjutan dalam satu dekade ke depan. Kolaborasi dengan Reeformers ini menandai komitmen kuat Mercedes-Benz dalam menjaga keberlanjutan lingkungan," kata Roelof Lamberts, CEO PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia, di GIIAS, Selasa, 23 Juli.

Mercedes-Benz telah bekerja sama dengan Reeformers sejak tahun lalu, mencatat kemajuan berarti dalam pemulihan terumbu karang di Laut Manado. Lebih dari 2.560 spesimen karang telah berhasil ditanam dengan tingkat kelangsungan hidup yang tinggi, mencapai 95 persen.

"Keberhasilan gerakan ini tidak hanya terlihat dari pertumbuhan karang yang subur, tetapi juga dampaknya yang positif terhadap kesehatan ekosistem sekitar, yang kini menjadi habitat baru bagi biota laut lainnya," tambah Lamberts.

Kolaborasi ini tidak hanya memberikan manfaat bagi sektor otomotif tetapi juga memberdayakan komunitas lokal dengan menciptakan peluang ekonomi melalui pekerjaan pemantauan rutin dan pemeliharaan lingkungan laut.

"Melalui kemitraan ini, kami tidak hanya berkomitmen untuk melestarikan lingkungan, tetapi juga untuk bermanfaat secara holistik bagi masyarakat sekitar kami. Kami berharap upaya ini akan menjadi contoh bagi industri lain untuk terlibat dalam konservasi laut yang berkelanjutan," tutupnya.