Proton Mail Memperkenalkan Proton Scribe, Asisten Penulisan Baru Bertenaga AI

JAKARTA - Proton Mail memperkenalkan asisten penulisan bertenaga kecerdasan buatan (AI) baru yaitu Proton Scribe, yang akan membantu menyusun dan menyempurnakan draf.

“Proton Scribe akan menghemat waktu dan tenaga yang seharusnya Anda gunakan untuk menulis draf pertama,” kata perusahaan dalam pengumuman di situs resminya. 

Proton Scribe sudah terpasang secara otomatis di Proton Mail composer Anda. Anda dapat mengakses alat ini dengan menggunakan ikon pensil dan ketik apa yang ingin Anda tulis, dan aplikasi akan membuat draf untuk Anda.

Jika Anda menggunakan paket Mail Essentials, Mail Professional, atau Proton Business Suite, Anda dapat membuka composer, mengeklik ikon pensil, sekarang juga. 

Proton Scribe juga menyediakan beberapa alat penyuntingan seperti Shorten atau Proofread untuk memperbaiki draf Anda sehingga bebas dari kesalahan ketik dan tata bahasa. 

Jika Anda menulis untuk klien penting atau lembaga formal, Anda juga dapat dengan mudah memperbaiki nada email Anda dengan opsi Formalize. Anda kemudian dapat menyempurnakan dan mengeditnya,  lalu mengirimnya jika sudah sesuai.

Perusahaan juga menegaskan bahwa asisten AI-nya ini tidak akan menggunakan data dari kontak masuk Anda sebagai model pelatihan AI-nya. Sehingga, Anda bisa tetap merasa aman menggunakannya. 

“Scribe mengandalkan kode dan model sumber terbuka, dan merupakan sumber terbuka dan karenanya tersedia untuk audit keamanan dan privasi independen,” jelas perusahaan. 

Mereka juga mengatakan bahwa, “Scribe juga dilindungi oleh kebijakan privasi Proton yang ketat, dan setelah Anda selesai menyusun email, tidak ada yang Anda ketik akan dicatat atau disimpan.”