Review Film Hijack 1971: Drama Pembajakan Pesawat dengan Eksekusi Baik

JAKARTA - Sutradara Kim Sung Han menghadirkan film Hijack 1971 yang mengisahkan cerita pembajakan pesawat di era ‘90-an. Film ini ia tulis bersama Kim Kyung Chan yang menggarap sejumlah film action thriller.

Hijack 1971 juga menampilkan deretan aktor berkualitas, seperti Ha Jung Woo yang dikenal dengan aktingnya kemudian ada Yeo Jin Goo yang menjadi villain untuk pertama kali. Selain itu, film ini didukung Sung Dong Il, Chae Soo Bin, Moon You Kang, Im Se Mi, dan masih banyak lainnya.

Hijack 1971 menceritakan Tae In (Ha Jung Woo) dan Gyu Sik (Sung Dong Il), para pilot yang akan menerbangkan pesawat mereka ke Gimpo. Tae In kembali melakukan penerbangan setelah ia sempat bertugas di Angkatan Udara Korea Selatan.

Awalnya, perjalanan mereka berjalan baik hingga seorang pria bernama Yong Dae (Yeo Jin Goo) membajak pesawat dan meminta Tae In dan Gyu Sik untuk membawanya ke Korea Utara. Yong Dae membawa bom dan membawa petasan panjang serta mengancam mereka semua akan mati jika mereka tidak ke Korea Utara.

>

Tae In ingat ketika ia bertugas di Angkatan Udara, ia hampir menembak pesawat yang dikemudikan teman baiknya yang hendak ke Korea Utara. Kejadian itu membuat temannya tidak pernah pulang ke Korea Selatan. Kini, Tae In menduga ia akan menghadapi hal serupa.

Pada era tersebut, melewati daerah teritorial mengartikan mereka mungkin tidak bisa kembali ke Korea Selatan. Tae In berusaha menyelamatkan para penumpang agar hal serupa tidak terjadi dengan dirinya.

Hijack 1971 punya penuturan cerita yang bisa ditemukan di beberapa film serupa yang sekilas membuat film ini terlihat biasa saja. Namun, elemen ketegangannya mulai terasa ketika konflik pertama dimulai dan membuat sinematografi serta pengarahan kamera yang membuat penonton seakan terlibat dalam situasi tersebut.

Perpindahan penumpang yang mengalami guncangan setelah ledakan juga ditampilkan secara baik dan dramatis. Dari sini kita mulai melihat ketegangan antara Tae In dan Young Dae.

Akting Ha Jung Woo seperti yang disebutkan di awal, dia sudah menguasai peran-peran seperti ini, seseorang yang berusaha memegang kendali situasi. Namun, pujian diberikan kepada Yeo Jin Goo yang berperan sebagai villain dalam Hijack 1971.

still Hijack 1971 (Sony Pictures)

Ekspresi yang ditujukan Yeo Jin Goo menunjukkan bahwa ia adalah karakter villain yang memiliki alasan. Perlahan sepanjang film mulai terungkap alasan karakter Young Dae melakukan berbagai tindakan tersebut.

Di sisi lain, sub cerita di dalam film ini tidak semulus cerita utamanya. Film ini memiliki banyak karakter dengan kesulitan mereka, tapi baik penyelesaian terasa klise bahkan tidak dibutuhkan. Belum lagi, penggunaan scoring yang selalu ada di beberapa adegan emosional.

Meski begitu, Hijack 1971 berhasil menyajikan drama pembajakan pesawat yang penuh ketegangan dan emosional. Apalagi semakin emosional ketika tahu ceritanya terinspirasi dari kejadian nyata yang terjadi di Korea Selatan.

Film Hijack 1971 bisa disaksikan di bioskop Indonesia mulai hari ini, Rabu, 17 Juli.