Review Film <i>Emergency Declaration</i>: Drama Pesawat Penuh Teror Virus
Song Kang Ho (Showbox)

Bagikan:

JAKARTA - Lima tahun setelah The King, sutradara Han Jae Rim kembali dengan film thriller drama berjudul Emergency Declaration. Film ini menjadi salah satu film yang paling banyak diantisipasi publik sejak awal diumumkan.

Sebelum resmi tayang di bioskop, Emergency Declaration melakukan premiere di Festival Film Cannes pada tahun 2021. Meski begitu, penayangan film ini tertunda setahun karena pandemi COVID-19.

Terlepas dari itu, penantian akan Emergency Declaration sudah berbuah. Di Korea Selatan, film ini sudah mencapai 1,8 juta penonton dalam waktu dua pekan.

Emergency Declaration adalah sebuah kondisi di mana sebuah pesawat harus membuat pernyataan darurat untuk mengantisipasi sebuah insiden dari bencana besar.

Cerita bermula dari detektif Go In Ho (Song Kang Ho) yang menerima laporan tentang rencana serangan pesawat oleh seorang teroris. Dalam proses investigasi, ia menyadari pesawat yang dinaiki terduga adalah KI501.

Di sisi lain, seorang pria bernama Park Jae Hyuk (Lee Byung Hun) hendak memulai hidup baru dengan anaknya. Namun perasaannya gusar kala mengetahui seorang pria misterius yang mengikutinya.

Pesawat KI501 tujuan Hawaii berangkat dari bandara Incheon. Di tengah perjalanan, seorang pria meninggal dunia tanpa alasan. Para penumpang bandara pun menduga ada sesuatu yang tersembunyi dari pesawat tersebut.

Sementara itu, Menteri Infrasuktur dan Transportasi Kim Sook Hee (Jeon Do Yeon) harus mengatasi serangan teroris di pesawat dengan membuat rapat darurat.

Emergency Declaration memulai aksi tanpa basa basi. Adegan dimulai dari Ryu Jin Seok (Im Si Wan) yang merasa kesal karena tidak mendapat informasi. Adegan konfrontasi itu pun bergulir dengan tegang berkat akting Im Si Wan yang luar biasa.

Perlahan, para karakter mulai hadir dengan kebutuhan masing-masing. Hal ini membuat latar belakang menaiki pesawat KI501 adalah pilihan utama para karakter.

Tantangan berikutnya datang dari dalam pesawat. Dengan lokasi yang terbatas, Han Jae Rim meramu ketegangan itu berlipat ganda. Hal ini juga terbantu berkat akting dan tone yang semakin membuat film menegangkan.

Ensembel akting para aktor dan aktris tidak diragukan. Namun ada sejumlah peran yang membuat film ini semakin bersinar seperti Gu In Ho (Song Kang Ho), Choi Hyun Soo (Kim Nam Gil), Ryu Jin Seok (Im Si Wan), Kim Hee Jin (Kim So Jin).

Bukan Korea Selatan jika tidak menambahkan sisi emosional. Bahkan film berdurasi hampir tiga jam ini punya beberapa momen mengharukan yang membuat studio hening.

Durasinya yang panjang mungkin bisa membuat Anda kebosanan namun beberapa bagian apalagi klimaksnya membuat hati Anda terenyuh. Lagu Clair de Lune dari Claude Debussy membuat film ini semakin sedih seakan Anda turut menjadi penumpang pesawat.

Emergency Declaration adalah sajian thriller aksi yang bisa disaksikan mulai hari ini, Selasa, 16 Agustus di jaringan bioskop CGV, Cinepolis, Flix, dan Cinema XXI.