Google Photo Kembangkan Fitur My Week, Mirip Story di Instagram

JAKARTA – Google Photo awalnya dirancang untuk menyimpan foto dan video di cloud, tetapi sekarang sudah lebih dari sekadar penyimpanan. Ada banyak fitur pengeditan canggih yang digunakan di aplikasi tersebut.

Meski sudah banyak fitur yang ditambahkan, Google akan meluncurkan fitur baru bernama My Week. Fitur ini pertama kali terlihat sekitar lima bulan yang lalu dan banyak yang mengira bahwa fitur ini hampir mirip dengan Memories di Photo.

Namun, berdasarkan laporan Android Police, fitur ini lebih mirip Story di Instagram dan akan muncul di akun pengikut. Saat fitur ini dirilis secara luas, pengguna aplikasi Photo akan melihat Introducing My Week di sudut kanan atas layar.

Saat pemberitahuan itu diklik, pengguna akan diminta mengatur fitur tersebut dan mengunggah foto yang menurut pengguna menarik. Google mengatakan bahwa foto yang dipilih merupakan foto, "yang menghidupkan beberapa minggu terakhir Anda."

Setelah memilih foto, pengguna akan diminta mengundang akun Google Photo lainnya untuk melihat foto mereka. Orang-orang yang diundang akan melihat sorotan mingguan dalam bentuk vertikal yang mirip dengan tampilan Story di Instagram.

Selain melihat foto yang diunggah di My Week, pengguna Google Photo yang diundang juga bisa memberikan tanda suka atau meninggalkan komentar. Fitur ini masih dikembangkan dan belum tahu kapan akan diluncurkan.

Sebenarnya, masih belum jelas mengapa Google menambahkan fitur ini ke dalam aplikasi Photo. Sejauh ini, aplikasi tersebut masih menjadi platform pengeditan dan penyimpan foto biasa. Dengan adanya fitur ini, Google Photo bisa terasa seperti media sosial.