5 Cara Mengatasi Rasa Sakit Setelah Imunisasi pada Bayi, Orang Tua Wajib Tahu!

YOGYAKARTA – Cara menghilangkan rasa sakit setelah imunisasi pada bayi sangat penting untuk diketahui. Informasi ini bisa membantu sang ibu memberikan penanganan yang tepat bila si kecil mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Imunisasi adalah pemberian vaksin untuk melindungi tubuh dari penyakit tertentu. Vaksin yang disuntikkan kepada anak dibuat dari kuman yang sudah melewati proses pelemahan atau bahkan dimatikan.

Imunisasi bisa merangsang terbentuknya zat antibodi sehingga sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih kuat. Selain itu, tubuh anak akan menjadi lebih kebal terhadap infeksi dan sejumlah penyakit menular di masa mendatang.

Beberapa penyakit yang dapat dicegah lewat imunisasi meliputi TBC, hepatitis B, difteri, pertusis, tetanus, polio, campak, pneumonia, gondongan, diare akibat rotavirus, campak rubella, serta kanker serviks.

Sayangnya, imunisasi bisa membuat bayi menjadi rewel, bahkan menangis tiada henti. Hal ini disebabkan oleh rasa sakit setelah tubuh bereaksi terhadap vaksin.

Demam dan rasa sakit bekas suntikan merupakan efek samping yang paling sering terjadi pada bayi setelah melalui imunisasi. Untuk menghilangkan rasa sakit tersebut, ibu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Imunisasi pada Bayi

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat, 12 Juli 2024, berikut ini adalah cara menghilangkan rasa sakit setelah imunisasi pada bayi.

  1. Gendong dan peluk bayi

Menggendong dan memeluk bayi bisa membantu meredakan rasa sakit yang dialami si kecil setelah menjalani imunisasi. Bayi akan merasa nyaman dan tenang ketika berada di pelukan ibunya.  

Perlu diingat, ketika bayi rewel akibat rasa sakit pasca imunisasi, ibu tidak boleh panik. Sebab, bayi bisa merasakan ketika ibunya panik, dan biasanya si kecil akan menolak digendong dan disusui oleh ibu yang panik.

  1. Lebih sering memberikan ASI

Rasa sakit setelah imunisasi pada bayi juga bisa diatasi dengan memberikan ASI lebih sering dari biasanya. Menyusu merupakan kegiatan yang membuat bayi nyaman. Hormon oksitosin yang keluar lewat ASI dapat menimbulkan efek tenang pada ibu dan bayi.

  1. Kompres dingin bekas suntikan

Bekas suntikan yang terasa sakit atau yeri bisa dihilangkan dengan cara memberikan kompres dingin.

Untuk melakukannya, ambil kain atau kasa yang sudah direndam air dingin, kemudian kompreskan pada bekas suntikan bayi. Sensasi dingin ketika dikompres akan membuat bayi lebih tenang. Selain itu, kompres dingin juga bisa menghilangkan bengkak pada bekas suntikan.

  1. Beri pijatan lembut

Pijatan lembut di area kaki, tangan, serta punggung dapat membuat bayi nyaman setelah imunisasi. Bayi akan lebih rileks dan tidak rewel lagi.

Terkait hal ini, ibu bisa menggunakan minyak telon atau aroma terapi saat memijat untuk menimbulkan efek nyaman.

  1. Berikan obat penurun panas

Jika si kecil mengalami demam ringan atau nyeri setelah vaksinasi, ibu bisa memberikan obat penurun panas sesuai dosis yang dianjurkan oleh demam. Obat penurun panas bisa mengatasi ketidaknyamanan.

Demikian informasi tentang cara mengatasi rasa sakit setelah imunisasi pada bayi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.