Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Bayi Cegukan, Orang Tua Wajib Tahu!
Ilustrasi (Pexel)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Perlukah orang tua khawatir ketika anak bayi cegukan? Sedianya, cegukan pada bayi sangat umum terjadi, dan biasanya hal tersebut bukan menandakan gejala penyakit tertentu. Perlu diketahui sebagian besar bayi mengalami cegukan di tahun pertama mereka. Oleh sebab itu, orang tua perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi anak bayi cegukan supaya dapat meredamnya dengan cepat.

Penyebab Anak Bayi Cegukan

Cegukan merupakan kondisi yang terjadi karena adanya kontraksi diafragma (otot di bawah paru-paru yang memisahkan dada dari perut dan berperan penting dalam sistem pernapasan) yang tak disengaja.

Dikutip VOI dari Cleaveland Clinic, cegukan kemungkinan besar disebabkan oleh iritasi pada diafragma. Gegara iritasi tersebut, otot di bawah paru-paru menjadi kejang atau kram. Kondisi ini menyebabkan pita suara menutup rapat dan menciptakan bunyi “hik”.

Bayi yang sedang berkembang bisa mengalami cegukan bahkan sebelum mereka lahir, dan banyak ibu hamil merasakan tanda-tanda itu di perut mereka.

Cegukan sangat umum terjadi pada bayi baru lahir. Menurut dokter spesialis anak yang terafiliasi dengan Cleavelad Clinic, Kyle Lierman, cegukan pada bayi diduga disebabkan oleh peningkatan gas di perut.

 “Kami tidak tahu persis mengapa, tetapi cegukan mungkin disebabkan oleh peningkatan gas di perut,” kata Liermann.

"Jika bayi makan berlebihan atau menelan udara saat makan, itu bisa menyebabkan perut mengembang dan bergesekan dengan diafragma, lalu menghasilkan cegukan," sambung Lierman.

Cara Mengatasi Anak Bayi Cegukan

Ilustrasi bayi cegukan
Ilustrasi anak bayi cegukan (Pixabay)

Menurut dokter Lierman, ada beberapa hal yang bisa orang tua lakukan ketika anak bayi cegukan, antara lain:

1. Mengubah Posisi Menyusui

Ketika anak bayi cegukan, cobalah memberikan ASI kepada kecil dengan posisi lebih tegak. Selain itu, Menopang bayi Anda di atas bantal agar tidak berbaring telentang dapat membantu mereka menghirup lebih sedikit udara pada waktu minum ASI.

2. Menyendawakan Bayi Lebih Sering

“Sendawa biasanya membantu mengatasi cegukan,” tutur dr. Liermann. Sendawakanlah bayi Anda ketika selesai menyusui. Hal tersebut dapat membantu menghilangkan cegukan.

Adapun cara menyendawakan bayi adalah sebagai berikut:

  • Beberkan handuk lembut di atas pangkuan Anda
  • Baringkan tubuh si kecil menghadap ke bawah (telungkup) di atas paha.
  • Topang wajahnya dengan 1 tangan. Pastikan kalau kepalanya tidak lebih rendah dari tubuhnya.
  • Kemudian, tepuk-tepuk punggung bayi hingga ia bersendawa.

3. Berikat Dot

Ketika si buah hati cegukan tiba-tiba, orang tua bisa memberikan susu dengan botol dot untuknya.

Menurut dokter Lierman, gerakan menghisap dot dapat membantu mengendurkan diafragma.

Usahakan posisi botol dot dimiringkan 45 derajat agar udara dalam botol tidak ikut masuk tertelan.

4. Berika Gripe Water

Gripe water adalah campuran herbal yang dijual bebas yang dipasarkan sebagai pengobatan untuk masalah kolik dan perut. Beberapa orang tua juga merasa terbantu dengan cegukan.

Demikian informasi tentang cara mengatasi anak bayi cegukan. Menurut dokter Lierman, orang tua tidak perlu khawatir ketika si kecil cegukan. Sebab, cegukan dapat berhenti dengan sendirinya dan tidak menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi.