Planet Terestrial Adalah: Pengertian, Ciri, dan Karakteristiknya

YOGYAKARTA – Planet terestrial adalah kelompok planet yang mirip dengan bumi. Kemiripan ini berkaitan dengan ukuran, suhu suatu planet, komposisi kimia, massa, ataupun massa jenisnya.

Artikel ini Membahas:

Pengertian Planet Terestrial

Ciri-Ciri Planet Terestrial

Karakteriktik Masing-Masing Planet Terestrial:

-          Merkurius

-          Venus

-          Bumi

-          Mars

Planet Terestrial Adalah

Disadur dari e-modul Kemdikbud berujud Bumi dan Akam Semesta untuk Guru SD karya Yamin Winduono dan Kandi, yang dimaksud dengan planet terestrial adalah planet-planet yang memiliki sifat seperti bumi. Kemiripan sifat tersebut berkaitan dengan ukuran, suhu suatu planet, komposisi kimia, massa, ataupun massa jenisnya.

Setidaknya, terdapat empat planet terestial yang juga menjadi planet terdekat dengan matahari, antara lain:

  • Merkurius
  • Venus
  • Bumi
  • Mars

Menukil laman Science NASA, disebut planet terestrial karena planet-planet di atas memiliki permukaan padat dan berbatu seperti terra firma (daratan) Bumi.

Planet yang memiliki sifat “Kebumian” terdiri dari empat planet terdalam di tata surya. Sehingga, planet terestrial tidak memiliki cincin.

Di antara keempat jenis planet terestrial, hanya Bumi yang memiliki medan magnet paling besar. sebab, Mars dan Bumi memiliki medan planet regional yang terlokalisasi di berbagai tempat di seluruh permukaannya namun tida memiliki medan magnet global.

Ciri-Ciri Planet Terestrial

Disadur dari buku Rangkuman IPA, Matematika, & Bahasa Inggris kelas 4, 5, 6 karya Maryati, dkk, planet terestrial memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Mempunyai lapisan atmosfer yang relatif tipis.
  • Mayoritas planetnya merupakan anggota planet yang memiliki ukuran relatif kecil.
  • Mempunyai jarak yang dekat dengan matahari.
  • Umumnya planet tersebut tersusun dari bebatuan sehingga mempunyai permukaan yang cenderung padat.

Karakteristik Masing-Masing Planet Terestrial

Dinukil dari buku Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar, karya Nurelah dan Supriyadi, berikut ini adalah karakteristik dari masing-masing planet terestrial.

  1. Karakteristik Planet Merkurius

Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari. Planet ini memiliki diameter 4.8799 km.

Lama rotasi dari planet Merkurius adalah 58,64 hari, sementara lama revoulusiya adalah 88 hari.

  1. Karakteristik Planet Venus

Letak planet Venus ada di antara Merkurius dan Bumi. Venus mempunyai lapisan atmosfer yang dapat memantulkan sinar. Planet terdekat kedua dengan matahari ini berdiameter 12.104 km.

  1. Karakteristik Planet Bumi

Bumi adalah satu-satunya planet yang dapat dihuni manusia, hewan, dan tumbuhan. Lama rotasi planet Bumi adalah 23 jam 58 menit dan revolusi 365,242 hari. Adapun diameter dari planet Bumi, yakni 12.756,3 km

  1. Karakteristik Planet Mars

Mars merupakan planet terestrial yang terakhir. Karakteristik dari planet Mars adalah memiliki waktu rotasi selama 9 jam 56 menit dan revolusi 11 tahun 10 bulan 3 hari. Planet Mars berdiameter 6.794 km.

Demikian informasi tentang planet terestrial. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa planet terestrial adalah empat planet yang paling dekat dengan matahari dan memiliki sifat seperti Bumi. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.