WhatsApp Beta Luncurkan Transkrip Pesan Suara di Perangkat Android

JAKARTA – Setelah meluncurkan transkrip pesan suara di WhatsApp untuk iOS pada tahun lalu, kini fitur tersebut akan diperluas ke perangkat Android. Kabarnya, fitur ini sedang diuji ke sebagian kecil pengguna versi beta.

Transkrip pesan suara pertama kali terlihat di WhatsApp untuk perangkat Android pada Maret lalu. Fitur ini mulai ditambahkan ke dalam WhatsApp versi beta 2.24.15.5 yang sudah bisa diunduh melalui Google Play Store.

Sesuai dengan namanya, fitur ini akan memunculkan transkrip dari pesan suara yang dikirim pengguna WhatsApp lainnya. Fitur ini akan membantu pengguna yang tidak bisa mendengar pesan suara, baik karena masalah pendengaran atau lingkungan yang bising.

Setelah diluncurkan secara luas ke publik, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan bahwa fitur transkrip untuk membaca pesan suara sudah tersedia. Saat memberi tahu penggunanya, WhatsApp akan meminta pengguna untuk memilih bahasa.

Bahasa yang tersedia saat ini masih sangat terbatas. Untuk pembaruan di versi pengujian beta, pengguna hanya bisa memilih bahasa Inggris, bahasa Spanyol, bahasa Rusia, bahasa Portugis untuk Brasil, atau bahasa Hindi.

Bahasa yang tersedia di versi beta ini merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di komunitas WhatsApp. Sepertinya, WhatsApp akan menambahkan lebih banyak bahasa sebelum fitur tersebut dirilis ke publik.

Meski sudah memilih bahasa di awal, pengguna masih bisa mengganti bahasanya di kemudian hari. Setelah memilih bahasa, WhatsApp akan mengunduh paket data tambahan terlebih dahulu untuk menjaga privasi pengguna. Jika sudah, fitur transkrip bisa digunakan.