WhatsApp Akan Hadirkan Fitur Transkrip Suara di Perangkat Android
WhatsApp kembangkan fitur transkrip audio (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA – Sejak Februari lalu, WhatsApp sedang mengerjakan fitur yang bisa mengubah pesan suara menjadi teks. Awalnya, fitur transkrip ini dibuat untuk perangkat iOS, tetapi kini kode fiturnya terlihat di Android.

Transkrip suara merupakan fitur yang sangat berguna bagi pengguna yang sedang tidak bisa mendengarkan audio, khususnya bagi penyandang tunarungu. Fitur ini akan menampilkan isi pesan suara dalam bentuk teks.

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh TheSpAndroid. Kode untuk transkrip ini terlihat di rilis Beta WhatsApp yang terbaru, yaitu versi v2.24.7.7. Kode ini secara jelas menguraikan dukungan untuk transkrip suara di perangkat Android.

Kode untuk fitur baru ini menjelaskan bahwa pengguna WhatsApp harus mengunduh data tambahan sebesar 150MB untuk menggunakan fitur tersebut. Jika kapasitas perangkat tidak cukup, fitur ini tidak akan bisa digunakan.

Data string dari fitur transkrip suara ini memperlihatkan tulisan yang berbunyi, "WhatsApp menggunakan pengenalan suara perangkat Anda untuk menyediakan transkrip terenkripsi end-to-end. Belajarlah lagi."

Potongan data string lainnya juga memperlihatkan tulisan Aktifkan Transkrip. Sepertinya, fitur ini tidak diaktifkan secara default oleh sistem WhatsApp sehingga para pengguna harus mengaktifkan fiturnya secara mandiri.

Belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan dan bagaimana tampilan dari fitur tersebut. Namun, melihat kode fiturnya telah ditambahkan di iOS dan Android, transkrip suara mungkin akan dirilis dalam waktu dekat.