NTT DATA Luncurkan LLM Tsuzumi di Microsoft Azure

JAKARTA – NTT DATA, penyedia layanan IT global, meluncurkan model bahasa besar (LLM) bernama Tsuzumi. Model ini diluncurkan melalui layanan Model-as-a-Service (MaaS) dari Microsoft Azure AI.

Tsuzumi merupakan model Kecerdasan Buatan (AI) yang dikembangkan dengan bahasa Jepang dan bahasa Inggris. Model ini dirancang untuk mengatasi berbagai tantangan lingkungan dan biaya yang biasanya dihadapi perusahaan saat mengembangkan LLM.

Dengan menggunakan Tsuzumi, perusahaan bisa menghadirkan teknologi AI yang canggih, termasuk AI generatif, ke dalam aplikasi sehingga bisa diakses oleh lebih banyak pengguna. LLM ini diklaim mampu beradaptasi dengan mudah.

Yutaka Sasaki, Presiden dan CEO NTT DATA Group Corporation, mengatakan bahwa peluncuran Tsuzumi merupakan bentuk kolaborasi lanjutan dengan Microsoft. Model ini telah disesuaikan dengan komitmen keberlanjutan NTT DATA dan Microsoft.

"Kami sangat senang melanjutkan kolaborasi bersama Microsoft dengan mengintegrasikan Tsuzumi ke dalam Microsoft Azure AI. Langkah ini tidak hanya memperkuat kolaborasi, tetapi juga sejalan dengan komitmen kami untuk menciptakan masyarakat yang berkelanjutan," kata Yutaka dalam keterangan yang VOI terima.

Sementara itu, Corporate Vice President Azure AI Platform Eric Boyd mengatakan bahwa peluncuran Tsuzumi merupakan upaya Microsoft dan NTT DATA dalam memberdayakan berbagai perusahaan. Model ini telah dioptimalkan dengan cloud.

"Peluncuran Tsuzumi di Microsoft Azure AI merupakan bukti dedikasi kami untuk memberdayakan perusahaan di seluruh dunia dalam memanfaatkan kekuatan generative AI melalui model yang dioptimalkan untuk performa dan harga," kata Eric.

Di awal peluncuran Tsuzumi hanya tersedia di platform Azure MaaS untuk perusahaan di Jepang. Namun, dalam waktu dekat, kedua perusahaan berencana memperluas integrasi tersebut ke lebih banyak negara hingga berkembang di seluruh dunia.