7 Ide Seserahan Pernikahan, Calon Pengantin Pria Wajib Tahu

YOGYAKARTA - Seserahan merupakan syarat wajib yang dibawa oleh pihak pengantin pria kepada pasangannya. Seserahan dalam pernikahan menjadi simbol kesanggupan calon pengantin pria untuk meminang wanita pilihannya. Ada beberapa ide seserahan pernikahan yang bisa dipilih oleh para pria.

Dengan membawa seserahan, seorang pria dianggap mampu bertanggung jawab dan menemuhi kebutuhan pribadi mempelai wanitannya ketika nanti berumah tangga. Pihak keluarga pengantin pria biasanya akan sibuk mencari dan menyiapkan serah-serahan untuk dibawa ke rumah mempelai wanita di hari pernikahan. 

Seserahan pernikahan biasanya terdiri dari beragam barang berharga atau benda yang memiliki nilai sendiri bagi pihak penerima. Biasanya isi seserahan ditentukan oleh keluarga pria sebagai pihak yang berniat meminang calon pengantin wanita. Lantas apa saja ide seserahan pernikahan yang diberikan ke pihak wanita?

Ide Seserahan Pernikahan

Bentuk seserahan dalam pernikahan biasanya disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan calon pengantin pria. Namun ada juga pasangan yang merencanakan atau menyusun daftar isi seserahan bersama-sama. 

Dalam menentukan isi seserahan, banyak pasangan melakukan diskusi terlebih dahulu. Dengan membahas rencananya bersama, pihak penganti pria bisa mengetahui apa barang atau benda yang baik dan cocok diberikan kepada pihak wanita. 

Isi seserahan biasanya mirip dengan dalam pernikahan-pernikahan orang lain karena sudah menjadi budaya di masyarkat. Selain itu, barang atau benda yang dimasukkan dalam seeserahan juga dipilih mengikuti kebutuhan atau kesukaan mempelai wanita. 

Berikut ini ide seserahan pernikahan yang bisa dijadikan referensi oleh kaum pria untuk nanti di hari pernikahan:

Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah sudah menjadi barang umum yang selalu diberikan sebagai seserahan pernikahan. Perlengkapan ibadah merupakan salah satu barang esensial dalam seserahan sebagai simbol bahwa pernikahan akan selalu berpegang pada nilai-nilai agama.

Untuk mempelai wanita muslim, calon pengantin pria bisa memberikan perlengkapan salat seperti mukena, Al-Quran, sajadah, tasbih, dan lainnya. Sementara apabila pengantin wanita beragama nasrani, pihak pria bisa membawa seserahan Alkitab, rosario, dan lainnya. 

Perhiasan 

Biasanya perhiasan dalam seserahan pernikahan diberikan dalam satu set, seperti gelang, kalung, cincin, atau anting. Barang-barang ini melambangkan agar calon pengantin wanita selalu bersinar dan bercahaya. Namun penyerahan barang-barang ini perlu dibedakan dari cincin pernikahan.

Kosmetik atau Make Up

Perlengapan kosmetik atau make up sudah sangat identik sebagai isi seserahan pernikahan. Bentuk seserahan ini juga menggambarkan kebutuhan calon mempelai wanita. Isi dari seserahan ini dapat berupa produk kosmetik, seperti skincare, lipstick, body lotion, parfum, tuner, dan lainnya. 

Peralatan Mandi

Selain produk-produk make up, mempelai pria juga bisa memberikan seserahan berbentuk perlengkapan kebersihan. Isi seserahan ini dapat terdiri dari sabun, sampo, lotion, dan lain-lain. Untuk menentukan isi seserahan, dapat disesuaikan kesepakatan dan bertujuan menjaga kebersihan tubuh calon mempelai wanita.

Tas 

Salah satu barang yang identik dengan kepemilikan wanita adalah tas. Tas adalah salah satu benda yang selalu digunakan oleh wanita di berbagai kesempatan. Sebagai seserahan pernikahan, Anda bisa memberikan tas pesta atau tas kerja yang pantas.

Sepatu 

Sepatu juga merupakan benda yang pasti digunakan oleh setiap wanita. Pilih jenis sepatu yang cantik atau sesuai dengan kesukaan calon mempelai wanita agar pantas dijadikan seserahan pernikahan.

Baju

Baju atau pakaian yang diberikan sebagai seserahan pernikahan sebaiknya satu setel lengkap, seperti pakaian kerja, pakaian tidur, hingga pakaian dalam. Bentuk seserahan ini melambangkan bahwa calon pengantin pria mampu memenuhi kebutuhan calon pengantin wanita.

Tips Menentukan Seserahan Pernikahan

Pemilihan isi seserahan perniakahan sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal agar barang atau bendanya berguna dan punya kesan tersendiri. Berikut ini beberapa tips menentukan seserahan pernikahan yang perlu dipahami oleh para pria:

Barang atau Benda yang Berguna di Kemudian Hari

Setian pasangan dianjurkan untuk diskusi bersama dalam memikirkan barang atau benda yang akan dijadikan sebagai seserahan pernikahan. Dengan mengobrol bersama merencanakan seserahan, Anda bisa menghindari ketidaksesuaian selera. Selain itu, Anda bisa memastikan bahwa barang yang diberikan akan bermanfaat di kemudian hari.

Dalam Satu Tema

Siapkan seserahan pernikahan dengan tema yang sesuai, seperti menentukan kotak pembungkus, warna, dan hiasan yang melengkapinya. Jika waktu terbatas, Anda bisa menggunakan jjasa dekorasi yang siap membantu menyiapkan seserahan pernikahan.

Menyiapkan Budget

Usahakan sejak jauh-jauh hari sudah menyiapkan budget untuk membeli seserahan pernikahan. Untuk mengetahui besaran pengeluaran seserahan, Anda perlu membuat list atau daftar barang yang dipilih sebagai isi seserahan.

Demikianlah beberapa ide seserahan pernikahan yang bisa dijadikan referensi bagi pria yang berencana meminang wanita. Saat mencari dan menentukan isi seserahan, sebaiknya Anda berdiskusi langsung dengan pasangan dan menyiapkan budget sejak jauh-jauh hari. Baca juga persyaratan nikah beda kota

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.