Laporan Web Gelap Google Kini Tersedia Gratis untuk Semua Pengguna

JAKARTA - Google mengumumkan bahwa laporan web gelap atau dark web report kini sudah tersedia untuk semua pengguna Google di 46 negara, termasuk Indonesia pada akhir bulan Juli. 

Awalnya, laporan web gelap ini hanya tersedia untuk pelanggan Google One saja, tapi kini semua pengguna Google bisa mengakses laporan tersebut secara gratis. 

“Mulai akhir Juli 2024, pelaporan web gelap tidak lagi memerlukan keanggotaan Google One. Semua pengguna yang masuk ke Akun Google mereka dapat menggunakan fitur tersebut karena tersedia bersama dengan Hasil tentang Anda,” tulis Google dalam pembaruannya yang ditemukan oleh Engadget. 

Laporan web gelap ini adalah fitur yang akan membantu Anda mengetahui apakah informasi kontak pribadi Anda, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email, ditemukan di antara pelanggaran data yang ditemukan di web gelap atau tidak. 

Jika Anda berminat untuk mengetahui apakah informasi pribadi Anda bocor atau tidak, laporan web gelap akan berada di halaman Results about you saat Anda mengunjungi myactivity.google.com. 

Result about you sendiri merupakan fitur yang memungkinkan Anda menemukan dan menghapus hasil yang berisi info kontak pribadi Anda dari hasil pencarian.

Ini adalah fitur yang berguna terutama jika Anda salah satu dari jutaan orang yang menjadi korban peretasan, kebocoran informasi, atau pencurian identitas. 

“Laporan web gelap tersedia bagi pengguna yang masuk ke Akun Google konsumen mereka. Laporan dark web tersedia di 46 negara,” tutupnya.