Korea Selatan Lirik Drone Militer Jualan Polandia

JAKARTA - Korea Selatan sedang meninjau penawaran dari Polandia untuk membeli pesawat tak berawak/drone, khususnya kendaraan serangan udara yang digunakan secara efektif di Ukraina.

Polandia melakukan promosi penjualan drone mereka kepada delegasi Korea Selatan yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Shin Won-sik yang berkunjung bulan lalu, lapor surat kabar Dong-a Ilbo Korea Selatan, mengutip sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya.

Pemerintah Polandia mengumbar keefektifan drone yang terbukti dalam pertempuran dan harganya yang relatif murah, lapor Dong-a Ilbo.

Polandia telah menandatangani kontrak senjata besar dengan Korea Selatan, termasuk kesepakatan senilai 22 miliar dollar AS pada tahun 2022 untuk pembuatan howitzer mekanis, tank, dan jet tempur, yang merupakan penjualan senjata terbesar yang pernah ada untuk Korea Selatan.

“Tidak mudah untuk mempertahankan hubungan satu arah di mana hanya Polandia yang membeli senjata Korea Selatan,” kata seorang pejabat pemerintah Korea Selatan dalam laporan surat kabar tersebut dilansir Reuters, Senin, 8 Juli.

“Jika kami membeli drone Polandia, hal itu dapat mendorong ekspor senjata kami ke Polandia,” kata pejabat itu.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan pihaknya sedang mengkaji cara-cara untuk memperkuat kemampuan drone-nya termasuk kemungkinan akuisisi dari luar negeri dan tinjauan tersebut mencakup drone Polandia yang telah beroperasi dalam pertempuran nyata.

Korea Selatan telah melakukan upaya besar untuk menjadi eksportir pertahanan terbesar keempat di dunia pada tahun 2027.

Polandia kemungkinan akan menandatangani kontrak lain dengan Korea Selatan pada September untuk pengiriman lebih banyak senjata, khususnya tank K2, kata Menteri Pertahanan Polandia Wladyslaw Kosiniak-Kamysz seperti dikutip kantor berita negara PAP pada Juni lalu.