Alcaraz dan Sinner Tetap di Jalur Pertemuan Wimbledon, Gauff Tersingkir

 

JAKARTA - Juara bertahan Wimbledon, Carlos Alcaraz dan petenis peringkat satu dunia Jannik Sinner tetap berada di jalur untuk pertemuan di Wimbledon setelah keduanya mencapai perempat final. Sementara unggulan kedua putri, Coco Gauff, tersingkir pada  Minggu 7 Juli.

Juara Prancis Terbuka Alcaraz, yang ingin mempertahankan trofi Wimbledon dan menyelesaikan apa yang disebut sebagai "Channel Slam" mengacu pada Selat Inggris yang memisahkan Inggris dan Prancis, berjuang melewati Ugo Humbert yang lahir di Metz dengan skor 6-3 6-4 1-6 7-5.

"Saya pikir saya semakin baik setiap pertandingan yang saya mainkan," kata Alcaraz, yang senang bisa menghindari pertandingan lima set lainnya setelah ditantang hingga lima set oleh Frances Tiafoe di ronde sebelumnya. "Saya merasa sangat nyaman di lapangan dan memainkan poin yang bagus, pukulan yang baik."

Jannik Sinner (foto: x @wimbledon)

Unggulan ke-12 asal Amerika, Tommy Paul, akan bertemu dengan pemain asal Spanyol berusia 21 tahun itu di babak delapan besar setelah juara Queen's Club itu mengalahkan Roberto Bautista Agut 6-2 7-6(3) 6-2.

Petenis  Italia Sinner, yang bisa menghadapi Alcaraz di semifinal dalam pertandingan ulang pertemuan mereka di Roland Garros, tampil sama mengesankannya dalam kemenangan 6-2 6-4 7-6(9) atas unggulan ke-14 Ben Shelton.

"Saya senang dengan bagaimana saya mengatasi situasi ini," kata Sinner, yang berhasil menetralkan servis besar pemain Amerika yang agresif itu. "Itu jelas sangat sulit bermain melawan dia, salah satu server terbaik yang kami miliki di tur, pemain yang sangat agresif."

"Saya senang dengan cara saya mengembalikan bola hari ini. Ya, saya pikir itu salah satu kunci kemenangan hari ini," ujarnya.

Pemain berusia 22 tahun itu akan bertemu dengan unggulan kelima Daniil Medvedev selanjutnya, yang dikalahkannya pada bulan Januari untuk memenangkan gelar Grand Slam perdananya di Australia Terbuka. Petenis Rusia, Medvedev, melaju setelah unggulan ke-10 asal Bulgaria, Grigor Dimitrov, mundur dari pertandingan mereka saat tertinggal 5-3.

Rekan senegara Sinner, Jasmine Paolini, juga maju berkat cedera lawannya, saat Madison Keys yang berlinang air mata mundur pada kedudukan 5-5 di set penentuan karena diduga mengalami masalah pangkal paha.

"Saya berharap dia segera pulih. Kami memainkan pertandingan yang sangat baik. Tentu saja, tidak mudah untuk mengakhirinya seperti ini," kata Paolini. "Tetapi saya harus mengatakan bahwa sebagian dari diri saya senang berada di perempat final Wimbledon."

Ada kekecewaan bagi para penggemar Inggris karena harapan terakhir mereka, Emma Raducanu, tersingkir oleh pemain kualifikasi peringkat 123, Lulu Sun, yang memastikan kemenangan 6-2 5-7 6-2 atas juara AS Terbuka 2021 itu.

Juara bertahan Flushing Meadows, Coco Gauff, juga tidak lebih baik karena dihajar 6-4 6-3 oleh sesama pemain Amerika dan unggulan ke-19 Emma Navarro.

Donna Vekic mengatasi beberapa kali penundaan hujan untuk melewati Paula Badosa dari Spanyol 6-2 1-6 6-4 dan akan bertemu dengan Sun.