Apple Luncurkan Game Porting Toolkit 2 dalam Versi Beta

JAKARTA – Apple meluncurkan Game Porting Toolkit 2, alat pemindahan game dari satu perangkat ke perangkat lain, dalam versi beta pada Rabu, 3 Juli. Alat porting ini mendapatkan beberapa pembaruan.

Versi terbaru dari Game Porting Toolkit mendapatkan kinerja grafis yang lebih baik dan bisa digunakan untuk ray-tracing pada perangkat keras yang kompatibel. Selain itu, alat ini kompatibel dengan lebih banyak perangkat lunak.

Sempat disinggung di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 pada Juni lalu, Apple mengatakan bahwa Game Porting Toolkit 2 bisa memindahkan game dari Windows ke macOS atau memindahkan versi macOS ke iPhone dan iPad.

Dengan adanya kemampuan ini, pengembang game untuk macOS bisa menghadirkan aplikasi game-nya ke perangkat iOS atau iPadOS, sesuai dengan keinginan mereka. Fitur yang baru disertakan ini juga tidak mempersulit perpindahan aplikasi.

Kit pengembang perangkat lunak (SDK) di Game Porting Toolkit 2 memiliki beberapa fitur seperti dukungan untuk pengontrol game, audio, dan grafik. Selama menggunakan API yang sama, pengalaman bermainnya bisa disamakan di perangkat yang berbeda.

Di situs resmi pengembang, Apple mengatakan bahwa Game Porting Toolkit 2 bisa digunakan untuk, "men-debug dan membuat profil permainan Anda saat evaluasi menggunakan alat Metal, seperti Metal HUD, Metal GPU capture, dan Metal System Trace."

Game Porting Toolkit 2 bisa diakses oleh seluruh pengembang setelah iOS 18 dan macOS Sequioa diluncurkan ke publik. Untuk menggunakan alat porting ini, pengembang bisa menunggu hingga musim gugur tahun ini atau menggunakan versi beta.