Bocoran Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 Ungkapkan Sedikit Peningkatan dari Spesifikasi Lama

JAKARTA - Beberapa hari menjelang acara Galaxy Unpacked yang sangat dinantikan dari Samsung, leaker terkenal Evan Blass telah mengungkapkan sejumlah informasi mengenai ponsel lipat Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 yang akan datang.

Bocoran dari Blass, yang muncul dalam surat elektronik Substack, mencakup tangkapan layar halaman penuh dari materi promosi resmi untuk ponsel lipat Samsung 2024. Meskipun sudah ada gambaran yang cukup jelas tentang apa yang diharapkan dari kedua ponsel tersebut, bocoran ini mengonfirmasi beberapa peningkatan yang baik dan kembalinya beberapa kekurangan yang sudah dikenal.

Pertama, gambar-gambar tersebut hampir mengonfirmasi bahwa Galaxy Z Fold 6 akan menjadi peningkatan bertahap dari pendahulunya, Z Fold 5. Pengaturan kamera, yang belum diperbarui oleh Samsung selama tiga tahun, tampaknya tidak berubah. Ponsel ini tetap menggunakan baterai 4.400mAh yang sama dan kecepatan pengisian daya 25W, bahkan ukuran layarnya pun tetap konsisten.

Deretan Samsung Galaxy Fold 

Namun, ada perubahan halus pada dimensi ponsel. Ponsel ini sedikit lebih pendek dan lebih lebar (1mm di kedua sisi) dibandingkan Z Fold 5 dan, yang lebih penting, memiliki pengurangan berat sebesar 14 gram. Salah satu peningkatan yang signifikan adalah kecerahan layar internal, yang diklaim 1,5 kali lebih terang daripada model sebelumnya, mencapai 2600 nits. Selain itu, materi promosi menyoroti integrasi fitur AI Galaxy, seperti Circle to search dengan S Pen dan live interpreter.

Bertentangan dengan rumor, Galaxy Z Fold 6 tidak tampak menggunakan bahan titanium atau perlindungan Gorilla Glass Armor seperti Galaxy S24 Ultra.

Di sisi lain, Galaxy Z Flip 6 tampaknya mendapatkan pembaruan yang lebih substansial. Materi promosi yang bocor mengonfirmasi baterai 4.000mAh, yang terbesar yang pernah ada pada ponsel Galaxy Z Flip, mengatasi kekhawatiran tentang daya tahan baterai pada model sebelumnya. Ponsel ini juga dikonfirmasi memiliki kamera utama 50MP yang baru, seperti yang dirumorkan sebelumnya.

Meskipun dimensi fisik Z Flip 6 tetap tidak berubah dibandingkan dengan pendahulunya, materi promosi mengungkapkan tambahan yang signifikan: ruang uap. Ini dapat meningkatkan kinerja termal ponsel, mengurangi masalah pemanasan berlebih yang sering terjadi pada model Z Flip sebelumnya.

Kedua ponsel, Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6, diharapkan ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 3. Selain itu, kedua ponsel ini dikonfirmasi memiliki RAM 12GB, yang bisa menjadi pertama kali untuk seri Z Flip.

Pengembangan menarik lainnya adalah bahwa kedua ponsel ini tercatat memiliki peringkat IP48. Meskipun kedua ponsel telah memiliki tingkat ketahanan air yang sama selama dua tahun terakhir, ini adalah pertama kalinya ponsel lipat Samsung mungkin secara resmi memiliki peringkat perlindungan debu, meskipun bukan standar IP68 yang umum pada flagship reguler.

Meskipun bocoran ini kemungkinan akurat, publik tidak perlu menunggu lama untuk mengonfirmasi detail ponsel lipat Samsung 2024. Acara Galaxy Unpacked dijadwalkan pada 10 Juli. Sementara itu, Samsung menarik minat calon pembeli dengan kredit  50 dolar AS (Rp820 ribu) ntuk memesan perangkat, bersama dengan potensi penghematan hingga  1.500 dolar AS (Rp24,5 juta)