Google Akan Tambahkan Kemampuan Jendela Ganda di Aplikasi Gemini

JAKARTA – Gemini, model bahasa besar (LLM) yang dikembangkan oleh Google, terus mendapatkan pembaruan sejak pertama kali diluncurkan. Kali ini, aplikasi Gemini akan mendapatkan fitur multitasking.

Berdasarkan laporan Android Authority, Gemini untuk perangkat Android akan mendukung pengoperasian di jendela ganda. Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu beralih aplikasi hanya untuk mengajukan beberapa pertanyaan.

Terlihat di versi beta 15.26.34, dukungan jendela ganda ini ditambahkan dalam bentuk pegangan kecil di bagian atas jendela. Saat pop-up Gemini dimunculkan, Anda bisa menekan dan menarik pegangan tersebut ke bagian atas layar.

Ketika ditarik ke bagian atas dan jendelanya dilepaskan, Gemini akan langsung terbuka dalam bentuk setengah layar. Anda bisa membuka aplikasi lainnya di jendela bagian bawah, bahkan membuka dua versi Gemini di waktu yang sama.

Anda bisa membuka ruang obrolan Gemini dan membuka pop-up aplikasi Gemini. Meski dibuka di waktu yang sama, Anda bisa memulai dua percakapan yang berbeda. Respons aplikasi tidak akan terganggu saat Anda menggunakan kemampuan ini.

Meski fiturnya sudah terlihat di versi beta, belum diketahui kapan fiturnya akan diluncurkan. Sepertinya, fitur ini akan diluncurkan pertama kali di ponsel lipat Samsung karena nama perusahaan itu terlihat di samping mode multi-jendela.

Samsung akan menggelar Galaxy Unpacked pada 10 Juli untuk meluncurkan dua seri terbaru dari ponsel lipatnya. Untuk mengetahui apakah fitur tersebut memang diluncurkan untuk ponsel lipat Samsung, kita harus menunggu hingga ponselnya diluncurkan.