Bagikan:

JAKARTA - Menurut laporan terbaru dari Bank of Canada, meskipun minat terhadap aset digital meningkat secara global, banyak warga Kanada masih lebih memilih menggunakan uang tunai untuk transaksi mereka. Laporan keenam Methods-of-Payment (MOP) yang dirilis pada 3 Juli menunjukkan bahwa adopsi kripto di Kanada masih jauh dari arus utama.

Dalam survei terbaru ini, sebanyak 4.000 responden menyelesaikan kuesioner rinci tentang kebiasaan pengeluaran mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa uang tunai tetap menjadi pilihan populer untuk transaksi pada tahun 2023. Sekitar 20% dari semua pembelian dilakukan menggunakan uang tunai, meskipun ada peningkatan dalam opsi pembayaran alternatif.

Dikutip dari Crypto News, laporan MOP mengungkapkan bahwa opsi pembayaran alternatif juga mengalami peningkatan. Opsi pembayaran alternatif paling populer bagi warga Kanada adalah e-Transfer, dengan 58% responden menggunakan opsi ini pada tahun 2023, meningkat 7% dari tahun 2022. Diikuti oleh e-wallet PayPal, yang memiliki tingkat adopsi sebesar 35%.

BACA JUGA:


Namun, meskipun ada peningkatan dalam opsi pembayaran alternatif ini, kurang dari 3% warga Kanada benar-benar menggunakan Bitcoin sebagai opsi pembayaran. Hal ini bertentangan dengan adopsi mesin ATM Bitcoin di Kanada, yang menjadi pusat ATM Bitcoin terbesar kedua di dunia dengan lebih dari 3.000 mesin terpasang. Faktanya, ATM kripto pertama dipasang di Vancouver, Kanada, pada tahun 2013.

Ketika ditanya apakah mereka berencana untuk beralih sepenuhnya dari uang tunai di masa depan, 80% responden mengatakan mereka tidak memiliki rencana untuk berhenti menggunakan uang tunai. Studi ini serupa dengan penelitian terpisah yang dilakukan oleh Payments Canada, di mana kelompok tersebut menanyakan 1.500 responden tentang pandangan mereka terhadap masa depan tanpa uang tunai. Responden mengatakan mereka lebih suka uang tunai karena bebas dari biaya bank, tidak ada risiko pelanggaran privasi, dan dapat digunakan bahkan saat terjadi pemadaman internet.

Meskipun adopsi kripto di kalangan masyarakat umum lambat, institusi di Kanada menunjukkan minat terhadap kelas aset ini. Pada bulan April, sebuah laporan KPMG mengungkapkan bahwa 39% investor institusional di Kanada memiliki eksposur terhadap kripto pada tahun 2023. Survei ini menyoroti bahwa sekitar 4 dari 10 responden memiliki eksposur langsung atau tidak langsung, meningkat 31% dari tahun 2021.