Politisi Pro-Kripto Kini Pimpin Partai Konservatif Kanada, Berpeluang Besar Jadi Perdana Menteri
Pierre Poilievre, polisi pro kripto kini pimpin Partai Konservatif Kanada. (foto: twitter @PierrePoilievre)

Bagikan:

JAKARTA - Politisi Kanada dan advokat kripto terkenal, Pierre Poilievre, dikabarkan  telah mengambil alih Partai Konservatif Kanada, yang tampaknya akan membuat pemerintahan saat ini kalah dalam pemilihan federal berikutnya.

Politisi pro-crypto ini dilaporkan memenangkan kepemimpinan Partai Konservatif Kanada dengan kemenangan telak pada Sabtu, 10 September dengan mengamankan 68,15% dari poin pemilihan untuk diperebutkan dan jauh melampaui lawan terdekatnya Jean Charest yang hanya menerima 16,07% suara.

Poilievre telah menjadi anggota Partai Konservatif sejak 2003, lalu memenangkan pemilihan pertamanya tahun 2004. Sejak itu ia menjabat sebagai Anggota Parlemen selama tujuh periode dan memegang berbagai peran termasuk Menteri Bayangan Keuangan dan Menteri Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial.

Poilievre telah dikenal sebagai pendukung crypto dan Bitcoin (BTC). Ia juga mengadvokasi lebih banyak kebebasan finansial melalui token, kontrak pintar, dan keuangan terdesentralisasi.

Penunjukan terakhirnya ini berarti bahwa orang Kanada mungkin akan dapat memilih pemimpin pro-crypto dalam pemilihan federal berikutnya,  yang akan berlangsung pada atau sebelum 20 Oktober 2025, untuk menentukan posisi perdana menteri Kanada ke-45.

Awal tahun ini, Poilievre mendesak masyarakat Kanada untuk memilih dia sebagai pemimpin mereka untuk “menjadikan Kanada sebagai ibukota blockchain dunia.”

Pada Maret lalu, saluran YouTube BITCOIN memposting video Poilievre di Restoran Tahinis selama kampanye pemilihan kepemimpinannya yang berbicara tentang dukungannya untuk crypto, dengan mengatakan, “Kita harus menjaga cryptocurrency legal.”

“Orang harus memiliki kebebasan untuk memilih uang lain. Jika pemerintah akan menyalahgunakan uang kita, kita harus memiliki kebebasan untuk menggunakan uang tunai lain yang lebih berkualitas,” ujarnya seperti dikutip Cointelegraph.

Dia juga secara singkat berbicara tentang ide untuk menyederhanakan pajak, aturan, dan regulasi kripto sehingga ada hukum yang konsisten di seluruh Kanada. Dalam video yang sama, dia membeli shawarma ayam menggunakan Lightning Network.

Namun, Poilievre telah menawarkan sangat sedikit spesifikasi tentang bagaimana partainya akan menerapkan peraturan dan adopsi crypto jika mereka menggulingkan Partai Liberal yang dipimpin Perdana Menteri Justin Trudeau saat ini.

Partai Konservatif Kanada saat ini memegang 16 dari 105 kursi di Senat dan 119 dari 338 di House of Commons, sementara pemerintahan Liberal Trudeau memiliki pemerintahan minoritas dengan 160 kursi di House of Commons. Untuk membentuk pemerintahan mayoritas membutuhkan setidaknya 170 kursi di House of Commons.

Kanada terjun ke ruang aset digital global ketika parlemennya mengesahkan undang-undang nasional tentang mata uang digital pada tahun 2014.

Dewan pengawas Kanada juga membuat pengajuan prapendaftaran baru untuk platform crypto pada bulan Agustus tahun ini.

Menurut Tinjauan Sistem Keuangan Bank of Canada yang dirilis pada Juni 2022, hanya sejumlah kecil orang Kanada yang saat ini memegang BTC. Sekitar 13% orang Kanada memiliki beberapa pada tahun 2021, naik dari 5% pada tahun 2020.