Noda Minyak Membandel Tertinggal di Celana Jeans, Ini Tips Menghilangkannya

JAKARTA - Memiliki noda pada pakaian favorit tentu mengganggu dan jadi tak percaya diri mengenakannya.  Ada beberapa jenis pakaian yang sulit dibersihkan jika sudah terkena noda, salah satunya jeans. Celana jeans dapat terkena berbagai noda, dari makanan, minyak, hingga tumpahan minuman berwarna. 

Namun, di antara noda tersebut, noda minyak paling sulit dihilangkan. Untuk itu, aturan umum membersihkan noda minyak pada celana jeans harus dilakukan segera setelah noda menempel.  Sebab, mendiamkannya terlalu lama dapat membuat noda semakin sulit diangkat dan dibersihkan. Dilansir dari The Spruce, Kamis, 4 Juli, berikut cara menghilangkan noda minyak pada celana jeans. 

Alat dan bahan yang diperlukan

  • Sikat gigi
  • Mesin cuci
  • Tisu kering
  • Sabun cuci piring yang lembut
  • Soda kue

Cara membersihkan

Tepuk noda

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu tepuk-tepuk noda dengan tisu. Ambil tisu, lipat jadi dua bagian, dan tepuk noda dengan lembut. Ini akan membantu menghilangkan kelebihan minyak atau lemak yang mungkin meresap ke dalam jeans. Memulai langkah ini akan membuat seluruh proses menghilangkan noda minyak menjadi lebih mudah.

Hilangkan noda dengan baking soda

Taburkan sedikit soda kue pada noda dan diamkan selama beberapa jam. Baking soda menyerap minyak dan menghilangkan lemak yang tidak dapat diambil dengan tisu dari kain. Setelah beberapa jam kemudian, ambil penyedot debu yang dilengkapi selang kecil lalu sedot sisa baking soda. Jika tidak memiliki penyedot debu, sikat sisa baking soda dengan hati-hati. Ingat, makin sedikit minyak yang tertinggal, maka makin mudah proses pembersihan.

Gunakan sabun, air, dan sikat gigi

Selanjutnya, tambahkan setetes sabun cuci piring lembut langsung ke noda. Sabun cuci piring lebih baik daripada deterjen cucian. Dan sabun cuci piring bekerja lebih baik mengurai dan melarutkan lemak. Selanjutnya, ambil sikat gigi bekas atau spons lembut dan gosok perlahan noda hingga berbusa selama  dua hingga tiga menit. Terakhir, bilas sabun atau masukkan jeans ke dalam mesin cuci.

Keringkan dengan cara diangin-anginkan, hindari pengering

Seringkali ketika menangani lemak dan minyak pada jeans, diperlukan beberapa kali percobaan untuk menghilangkan noda. Selain itu, mengolah noda dengan suhu panas apapun justru dapat menyebabkan noda semakin menempel sehingga lebih sulit dihilangkan.

Selain itu, hindari penggunaan pengering dan keringkan celana dengan cara dijemur sampai Anda yakin noda sudah hilang. Jika masih ada noda, ulangi proses ini hingga jeans terlihat seperti baru.

Tips menghilangkan noda minyak pada jeans

Jika metode soda kue dan sabun cuci piring tidak berhasil, coba semprotkan sedikit cuka pada noda setelah membersihkan sisa baking soda Ini juga dapat membantu menghilangkan lemak sebelum dicuci.

Sudah memasukkan jeans Anda ke dalam pengering? Jangan panik. Anda masih dapat mengulangi proses pembersihan jika noda masih ada, namun kali ini tambahkan pembersih berbahan enzim sebagai bagian dari perawatan awal pada noda sebelum dicuci.