Bagikan:

JAKARTA - Membersihkan microwave dengan cuka akan membuat peralatan dapur Anda terlihat baru hanya dalam beberapa menit. Semua noda cipratan minyak, tumpahan makanan, dan bau yang tertinggal akan hilang setelah dibersihkan dengan cepat menggunakan cuka putih dan air. Sebagai bonus, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam untuk membeli cuka. Pun bahan satu ini tidak mengandung zat kimia dan ampuh mensanitasi microwave.

Dikutip dari The Spruce, Senin, 1 Juli, berikut trik membersihkan microwave dengan larutan cuka.

Alat dan bahan

  • mangkuk tahan panas
  • spons
  • handuk mikrofiber
  • sarung tangan tahan panas
  • sarung tangan pelindung
  • wastafel (opsional)
  • 1 cangkir cuka putih sulingan
  • kulit jeruk, minyak atsiri, tanaman herbal
  • 1 gelas air
  • 1 botol cairan pencuci piring (opsional)

Cara Membersihkan

Tambahkan Cuka dan Air ke Mangkuk tahan panas

Tuangkan satu cangkir cuka putih dan satu cangkir air ke dalam mangkuk tahan panas. Jika tidak menyukai aroma cuka, tambahkan herba, beberapa tetes air lemon, atau beberapa potong kulit jeruk (lemon, jeruk, jeruk nipis) ke dalam air. Bisa juga tambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit untuk menciptakan aroma yang disesuaikan.

Microwave Selama 5 Menit

Tempatkan mangkuk yang sudah diisi cuka dan air ke dalam microwave dan panaskan dengan suhu tinggi selama lima menit. Larutan yang mendidih akan menghasilkan uap untuk melepaskan noda makanan yang menempel.

Lap Microwave

Setelah lima menit, keluarkan mangkuk dengan hati-hati. Larutannya akan sangat panas, jadi gunakanlah sarung tangan atau sarung tangan oven untuk melindungi tangan dari percikan yang tidak disengaja.

Dengan mengenakan sarung tangan pelindung, celupkan spons ke dalam larutan dan seka seluruh permukaan, termasuk pintu dan bagian dalam microwave dengan hati-hati.

Rendam dan Bersihkan Meja Putar

Jika microwave memiliki meja putar yang dapat dilepas, keluarkan dan seka seluruh sisinya. Jika sangat berminyak, Anda bisa mencucinya di wastafel dengan air panas dan beberapa tetes cairan pencuci piring atau memasukkannya ke dalam mesin pencuci piring otomatis.

Keringkan Bagian Dalamnya

Setelah noda minyak dan kotoran sudah hilang dari bagian dalam microwave, ambil handuk mikrofiber dan lap bagian dalamnya hingga kering.

Bersihkan Bagian Luarnya

Anda dapat menggunakan larutan cuka yang sama untuk membersihkan bagian luar microwave. Celupkan spons bersih ke dalam larutan dan seka bagian luarnya. Keringkan kontrol dan gagang pintu dengan kain mikrofiber untuk mencegah goresan.

Jika menggunakan microwave setiap hari dan sering lupa menutup makanan saat memanaskannya, sebaiknya microwave dibersihkan minimal seminggu sekali. Idealnya, Anda harus segera membersihkan microwave segera setelah mencium bau atau cipratan makanan.

Membersihkan noda baru lebih mudah daripada noda makanan yang telah lama menempel. Namun, jika  tidak menggunakan microwave sesering mungkin, pembersihan menyeluruh bisa dilakukan tiap dua minggu, bahkan sebulan sekali sudah cukup.