Fitur Live Captions Akan Tersedia di FaceTime untuk Apple TV 4K

JAKARTA – Apple menambahkan dukungan FaceTime, aplikasi panggilan video, di Apple TV 4K saat meluncurkan tvOS 17 pada akhir tahun lalu.  Untuk mengoptimalkan aplikasinya, Apple akan menambahkan fitur baru.

Perusahaan teknologi itu akan menyertakan fitur Live Captions ke dalam tvOS 18 pada musim gugur tahun ini. Sesuai namanya, fitur ini akan menampilkan transkrip secara real-time di layar televisi pengguna selama panggilan FaceTime berlangsung.

Live Captions dibuat untuk membantu para pengguna Apple TV yang mengalami gangguan pendengaran atau tuli. Pengguna yang tidak memiliki masalah pendengaran juga dapat terbantu jika mereka melakukan panggilan di area yang bising.

Apple mengatakan bahwa Live Captions dapat menampilkan teks secara otomatis sesuai dengan apa yang sedang dikatakan oleh lawan bicara. "Berbagi momen spesial bersama menjadi lebih mudah, lebih besar, dan lebih jelas (berkat fitur ini)."

Dilansir dari 9to5mac, fitur ini tidak kompatibel di seluruh perangkat karena persyaratan pemrosesan yang dibutuhkan. Live Captions untuk FaceTime hanya bisa digunakan di Apple TV 4K generasi kedua atau yang lebih baru.

Selain Apple TV, Live Captions juga akan ditambahkan ke dalam Vision Pro. Fitur aksesibilitas ini akan tersedia di visionOS 2 dengan cara kerja yang sama seperti di Apple TV 4K, yaitu menampilkan teks secara real-time selama panggilan berlangsung.

Belum diketahui seperti apa tampilan Live Captions di Apple TV 4K. Untuk versi Vision Pro, fitur ini akan muncul di dalam kotak kecil. Kotak ini akan terlihat seperti prompter virtual dengan ikon mikrofon di bagian atas kotaknya.