Modifikasi Toyota GR86 yang Terinspirasi dari Mobil Reli Celica Bakal Ramaikan SEMA 2024

JAKARTA - Toyota dinilai gemar dalam melahirkan mobil sport yang disukai oleh para pecinta dan pemerhati dunia otomotif. Tidak hanya karena performanya, melainkan juga model tersebut dapat menjadi wadah bagi para modifikator untuk berkreasi.

Baru-baru ini, merek otomotif tersebut bekerja sama dengan Evasive Motorsports untuk membangun modifikasi mobil GR86. Hal yang lebih spesial adalah model tersebut akan disulap menjadi mobil reli yang terinspirasi dari Celica GT-Four AWD yang pernah berkancah di World Rally Championship pada medio 1990an.

Melansir dari Carscoops, Sabtu, 29 Juni, GR86 tersebut tidak mengalami perubahan signifikan secara tampilan. Namun, mereka memberinya sayap belakang untuk pengoptimalan aerodinamika dengan pelek lebih besar dan ban dari merek Continental.

Hal spesial lainnya ialah GR86 ini akan diberi livery khas ‘Castrol’ yang ikonik sekaligus mengingatkan masa kejayaan Toyota di kancah dunia motorsport.

Tidak hanya perubahan dari sisi luar, mobil tersebut juga mengalami perubahan pada bagian internal. Modifikator tersebut bakal memasukkan mesin GR Corolla ke GR86, yakni 1,6 liter 3-silinder turbocharged yang memiliki tenaga 300 dk digabungkan dengan penggerak semua roda (AWD) dan girboks manual.

Toyota telah menugaskan Evasive Motorsports untuk mengintegrasikan sistem AWD GR Corolla, sehingga memerlukan perombakan menyeluruh pada ruang mesin dan subframe depan. Braket pemasangan khusus dirancang untuk menjaga sebagian besar roda gigi GR Corolla tetap utuh, sementara hub dan gandar juga memerlukan fabrikasi khusus.

Toyota GR86 (sumber: Toyota Global)

Untuk saat ini, Evasive bekerja sama dengan Eimer Engineering untuk melakukan sebagian besar fabrikasi. Tim harus memvalidasi bahwa driveline berfungsi dengan baik sebelum menambahkan roll cage penuh.

Toyota GR86 yang dimodifikasi ala Celica GT-Four AWD ini akan dipamerkan dalam salah satu gelaran modifikasi ternama di dunia, yakni Speciality Equipment Market Association (SEMA) 2024 pada 5-8 November mendatang berlangsung di Las Vegas, AS.

Dalam beberapa waktu terakhir, Toyota dirumorkan untuk mengembalikkan model Celica yang ikonik ke dalam jajaran lini terbarunya.

Celica tersebut akan ditenagai oleh mesin ICE dengan 4-silinder 2,0 liter turbocharged terbaru dikombinasikan sistem GR-Four AWD yang dikembangkan oleh Toyota terinspirasi dari GR Yaris dan GR Corolla.

Laporan tersebut juga mengklaim bahwa pengembangan mesin dari Celica terbaru ini telah selesai. Meskipun informasinya masih terbatas, publikasi tersebut berspekulasi bahwa tenaga yang dihasilkan model ini mencapai 400 dk.

Kemungkinan besar model tersebut akan mempertahankan siluet coupe low-slung dari generasi sebelumnya. Hal menarik lainnya, rumor menyebut bahwa Celica terbaru akan debut pada awal Januari mendatang, tepatnya dalam Tokyo Auto Salon 2025.