Hyundai Pamer Robot Parkir Otonom, Bisa Parkir Mobil Tanpa Ribet

JAKARTA - Hyundai Motor Group, produsen mobil asal Korea Selatan, memamerkan robot parkir yang bertujuan memudahkan konsumen.

Mengutip dari laman Teslarati, Kamis, 27 Juni, Hyundai memperkenalkan teknologi ini dalam video singkat berdurasi 40 detik yang dibagikan di laman YouTube resminya, Hyundai Motor Group.

>

"Serahkan parkir pada robot. Robot parkir ini mengangkat roda kendaraan dan dapat bermanuver ke segala arah untuk memarkirkan mobil Anda dengan presisi," demikian pernyataan Hyundai Motor Group.

Jadi ketka pelanggan datang bisa segera keluar dari mobil dan robot parkir otonom yang akan mengurusnya. Hyundai menyebut robot ini mampu membawa beban hingga 2,2 ton dan bergerak dengan kecepatan 4,3 km/jam. Robot ini bekerja dengan menempel pada roda depan dan belakang kendaraan, sementara sistem kamera memandu robot untuk memarkirkan mobil dengan tepat.

Menariknya, robot parkir ini dapat membawa kendaraan melewati gedung bertingkat, dan sistem kontrol parkirnya mampu mengendalikan hingga 50 robot secara bersamaan.

Hyundai juga mengungkapkan bahwa robot parkir ini bisa disandingkan dengan Automatic Charging Robot (ACR) yang dikembangkan bersama Kia. ACR adalah robot satu lengan yang mampu menyambungkan kabel ke port pengisian daya dan melepaskannya setelah pengisian selesai.

"ACR akan membantu pengisian daya kendaraan listrik menjadi lebih mudah dan nyaman, terutama di lingkungan gelap. Hal ini juga akan meningkatkan aksesibilitas, terutama bagi orang-orang dengan hambatan mobilitas, karena kabel pengisi daya semakin tebal dan berat untuk memungkinkan pengisian daya berkecepatan tinggi," ungkap Kepala Lab Robotika Hyundai Motor Group, Dong Jin Hyun.

Hyundai akan terus mengembangkan ACR untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan, sehingga semua pelanggan kendaraan listrik dapat segera memanfaatkannya di stasiun pengisian daya.