e-Corner, Fitur Hyundai Mobis yang Membuat Mobil Berjalan seperti Kepiting
Fitur e-Corner yang diaplikasikan pada sebuah mobil Hyundai Ioniq 5. (Dok. Carscoops)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Hyundai Mobis memperkenalkan inovasi terbaru yang dapat membuat keempat roda ban mobil berputar hingga 90 derajat dengan nama e-Corner.

Cheon Jae-seung, selaku kepala dari Future Technology Convergence Institute, mengatakan sistem e-Corner dapat memenuhi semua kebutuhan berkendara masa depan.

"Kami mengidealkan sistem e-Corner untuk memenuhi tuntutan mobilitas masa depan. Kami akan mengamankan berbagai jenis solusi mobilitas khusus yang dapat diterapkan dalam mengemudi otonom dan PBV untuk memperkuat visi kami dalam mencapai tingkat teratas sebagai penyedia platform mobilitas," ujar Jae-sung dalam keterangan resmi Hyundai Mobis.

Teknologi ini ditampilkan oleh perusahaan pada sebuah Hyundai Ioniq 5, yang dapat dikemudikan secara horizontal sehingga ini memudahkan pengemudi untuk memarkirkan mobilnya secara paralel.

Inovasi yang dikembangkan divisi Hyundai Motor Group tersebut dapat terwujud berkat perkembangan teknologi kendaraan listrik.

Sebagian besar kendaraan listrik, terutama milik Hyundai memiliki motor penggerak yang terpasang pada salah satu atau kedua as roda.

Motor penggerak juga dapat digerakkan ke dalam roda, sama halnya dengan starter kaki di skuter. Seperti yang telah diaplikasikan Hyundai mobis ini memungkinkan mobil melakukan manuver unik yang tidak dapat diterapkan pada kendaraan lainnya.

Alhasil, sumbu roda tersebut dapat bergerak tanpa membuat bodi mobil bergeser dan dapat berjalan menyamping seperti layaknya kepiting, terlebih lagi kemampuan tersebut berguna untuk lokasi tempat parkir yang sempit.