'Sampai Bertemu Hari Kamis', Pendemo Pajak Kenya Gulirkan Aksi Lanjutan Usai Tragedi 23 Orang Tewas di Luar Parlemen

JAKARTA - Pengunjuk rasa di Kenya berjanji akan terus melakukan demonstrasi menentang kenaikan pajak baru, sehari setelah bentrokan berdarah di luar gedung parlemen dan di seluruh negeri yang menyebabkan 23 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Para pendukung gerakan protes yang sudah berlangsung selama sepekan ini meramaikan X, menggunakan tagar #tutanethursday, atau "sampai jumpa pada hari Kamis" dalam bahasa campuran Swahili dan Inggris.

Dilansir Reuters, Rabu, 26 Juni, kemarahan di linimasa media sosial atas kenaikan pajak telah berkembang menjadi gerakan protes berskala nasional yang menyerukan perombakan politik, sebagai krisis paling serius dalam dua tahun kepemimpinan Presiden William Ruto.

Polisi menembaki kerumunan orang yang berkumpul di sekitar gedung parlemen pada Selasa, 25 Juni yang kemudian menerobos masuk ke dalam kompleks parlemen, beberapa saat setelah anggota parlemen memberikan suara untuk menyetujui kebijakan pajak yang kontroversial.

Surat kabar The Nation mendokumentasikan protes di setidaknya 35 dari 47 kabupaten di Kenya, dari kota besar hingga daerah pedesaan – bahkan di kampung halaman Ruto di Eldoret di jantung etnis Kalenjin.

Dilaporkan 23 orang tewas di seluruh Kenya dan 30 lainnya dirawat karena luka tembak, kata Asosiasi Medis Kenya.

Di ibu kota, kamar mayat menerima jenazah enam orang yang tewas dalam protes hari Selasa, kata seorang petugas polisi yang bertugas kepada Reuters. Dua jenazah lainnya dan 160 orang yang terluka dibawa ke Rumah Sakit Nasional Kenyatta, kata dua pejabat kesehatan.

Banyak pengguna media sosial fokus pada pidato Ruto setelah bentrokan, di mana ia mengatakan serangan terhadap parlemen adalah ulah "penjahat yang berpura-pura menjadi pengunjuk rasa damai".

"Selamat pagi sesama PIDANA Tupatane Kamis Untuk melakukan apa yang dilakukan PENJAHAT," salah satu pengguna X mengunggah.

Postingan di media sosial mendesak masyarakat untuk menduduki gedung Negara, kantor dan kediaman presiden, pada Kamis, 27 Juni dan kantor lokal Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) pada hari Jumat, 28 Junu, meskipun belum jelas apakah seruan tersebut berasal dari individu atau gerakan yang lebih luas.