Volkswagen Lengkapi Jajaran Mobil Baru hingga Model Listrik dengan ChatGPT

JAKARTA - Produsen mobil asal Jerman Volkswagen mengumumkan mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) ChatGPT di semua lini model ID, serba listrik, Golf baru, Tiguan hingga Passat.

ChatGPT dapat diintegrasikan melalui sistem suara IDA Volkswagen, menawarkan serangkaian opsi baru yang jauh melampaui kontrol suara yang tersedia sebelumnya. Pengguna kini dapat berinteraksi dengan mobil secara mudah.

Saat ini, asisten suara IDA dari VW memungkinkan pengemudi dapat untuk mengontrol sistem infotainment, navigasi hingga kontrol iklim. Dengan kehadiran ChatGPT tentunya meningkatkan fungsi tersebut.

"Volkswagen memiliki tradisi panjang dalam demo teknologi. Sebagai produsen, kami menjadikan teknologi ini dapat diakses banyak orang. Dengan mengintegrasikan ChatGPT ke dalam backend asisten suara, kami kini menawarkan kesempatan kepada pengemudi untuk menggunakan kecerdasan buatan ini setiap hari, sehingga menegaskan betapa inovatifnya produk kami," kata Anggota Dewan Manajemen VW Kai Grünitz, dalam keterangan resminya, Selasa, 25 Juni.

Kehadiran ChatGPT juga memungkinkan para pengguna untuk mendapatkan informasi tentang tempat wisata, atau apa saja yang diinginkan. Cara kerjanya, pengemudi cukup berbicara tanpa harus mengalihkan pandangan dari jalan.

Para pengguna Volkswagen nantinya tak perlu ambil pusing sebab tak perlu akun tambahan atau aplikasi lagi untuk ChatGPT, bagi yang sudah memiliki akun VW Connect atau Connect Plus yang sudah ada dapat tetap menggunakan asisten suara IDA seperti biasa, sebab akan diteruskan secara otomatis ke ChatGPT.

Mengutip dari laman Teslarati, ChatGPT tersedia untuk digunakan sedikitnya dalam lima bahasa di kendaraan VW, yaitu Inggris (AS dan Inggris), Spanyol , Ceko, dan Jerman.

Penggunaan pada kendaraan Volkswagen dimungkinkan berkat kolaborasi dengan Cerence Inc., pemimpin global dalam solusi AI otomotif, dan Cerence Chat Pro, yang menggunakan berbagai sumber termasuk ChatGPT untuk memungkinkan IDA memberikan informasi yang akurat dan relevan.

Sebelumnya, pada Januari 2024 Volkswagen menghadirkan kendaraan pertama dengan ChatGPT yang terintegrasi ke dalam asisten suara IDA di CES 2024, sebuah pameran dagang elektronik.