Penembak Fathur Gustafian Jalani Latihan Pemungkas Persiapan Olimpiade di Hungaria

JAKARTA – Atlet menembak Indonesia, Fathur Gustafian, akan menjalani pemusatan latihan atau training camp (TC) di Hungaria sebagai persiapan terakhir ke Olimpiade Paris 2024.

Rencananya, Fathur akan berangkat ke sana pada awal bulan depan. Ia menjalani latihan pertandingan selama berada di sana dan langsung ke Paris setelahnya.

"Nanti tanggal 7 Juli 2024 kami berangkat ke Hungaria untuk latihan pertandingan dan training camp di sana sampai dengan Olimpiade," ujar Fathur ketika dijumpai di SCTV Tower, Rabu, 19 Juni 2024.

Sang atlet terus memoles kemampuannya setelah mengunci tiket ke Paris. Ia banyak menjalani latihan tanding di luar Indonesia, sebut saja Jerman, Azerbaijan, dan Brasil.

Fathur mengatakan bahwa ia punya perkembangan selama menjalani latihan intens sejak mengantongi tiket ke Paris. Namun, perihal target, ia tidak mau bermimpi tinggi-tinggi.

"Kalau terkait target, saya pribadi ingin tampil maksimal saja. Memberikan yang terbaik karena proses yang baik akan memberikan hasil yang baik juga," kata altet berusia 25 tahun itu.

Fathur menembus Olimpiade Paris 2024 melalui Kejuaraan Asian Rifle/Pistol Championship 2024 di Jakarta. Ketika itu, ia mengamankan tiket final dan kemudian finis di peringkat keempat.

Posisi itu sebenarnya tidak menenuhi kualifikasi. Meski demikian, ia dipastikan berangkat ke Perancis karena China dan India yang meraih medali emas dan perunggu di ajang itu telah memenuhi kuota.

Olimpiade Paris 2024 akan dihelat dari 26 Juli sampai 11 Agustus 2024. Total ada 10 ribuan lebih atlet dari 206 delegasi akan ikut meramaikan pesta olahraga terbesar di dunia tersebut.

Indonesia akan bertolak ke Olimpiade Paris 2024 dengan target membuat sejarah membawa pulang lebih dari dua medali emas untuk melewati catatan termanis di Olimpiade Barcelona 1992.