Cara Memperbaiki Face ID yang Tidak Mau Bekerja di iPhone

JAKARTA – Face ID merupakan fitur keamanan yang Apple kembangkan untuk membuka kunci perangkat, memverifikasi transaksi, dan lainnya. Fitur ini jauh lebih aman dibandingkan dengan autentikasi kata sandi.

Terkadang, fitur Face ID mungkin gagal mengenali wajah penggunanya, tidak mau beroperasi di aplikasi tertentu, atau tidak mau muncul sama sekali. Jika berbagai masalah ini sedang Anda hadapi, Anda perlu segera memperbaikinya.

Dikutip dari Android Police, ada beberapa tindakan yang bisa membuat Face ID berhenti berfungsi, mulai dari me-reboot iPhone hingga  menginstal pembaruan. Berikut ini beberapa hal yang membuat Face ID tidak bisa digunakan.

  1. Me-reboot iPhone Anda akan mematikan Face ID secara otomatis dan beralih ke autentikasi kata sandi.

  2. Face ID yang gagal mengenali wajah penggunanya hingga lima kali akan langsung dimatikan secara otomatis.

  3. Ketika iPhone mengaktifkan SOS Darurat atau masuk ke dalam Mode Hilang di Find My Device, Face ID akan dimatikan.

  4. Saat Anda berhasil memperbarui iOS, Face ID akan mati secara otomatis.

Jika Anda merasa melakukan salah satu dari keempat tindakan di atas, Anda bisa mengaktifkan lagi fitur Face ID seperti semula. Namun, jika Face ID Anda tidak berfungsi karena alasan yang Anda tidak ketahui, Anda bisa memeriksa kamera TrueDepth.

Kemungkinan besar, ada sesuatu yang menghalangi kamera TrueDepth di perangkat Anda sehingga Face ID gagal berfungsi. Jika kameranya memang dihalangi oleh debu atau kotoran, Anda bisa membersihkannya menggunakan kain yang lembut.

Setelah memastikan bahwa kamera TrueDepth tidak ada masalah, Anda harus memastikan bahwa kamera bisa menangkap wajah Anda dengan sangat jelas. Jangan gunakan benda yang menutup wajah seperti kaca mata, masker, atau benda apa pun.

Jika Face ID masih tidak bisa digunakan, Anda bisa mematikan perangkat dan menghidupkan kembali perangkatnya. Setelah perangkat hidup, Anda akan diminta memasukkan kata sandi. Setelah itu, Face ID bisa digunakan kembali secara normal.