Australia Open 2024: Hendra/Ahsan Optimistis Kans Juara Besar

JAKARTA – Pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, optimistis memiliki peluang keluar sebagai juara di Australia Open 2024 yang tengah berlangsung.

Hendra/Ahsan saat ini sudah berada di babak kedua turnamen. Mereka melewati babak pertama setelah mengalahkan wakil tuan rumah, Lukas Defolky/Ricky Tang, pada Selasa, 11 Juni 2024.

Hendra, yang datang bersama pasangannya sebagai unggulan kedua, mengatakan selepas laga itu bahwa peluang mereka sejatinya ada. Namun, tidak akan mudah.

"Masih ada ganda muda Malaysia. Performa mereka lagi bagus juga. Kami harus tetap fokus dan mudah-mudahan bisa lancar sampai final," ujar Hendra dalam keterangan dari PBSI yang diterima VOI.

Pasangan Malaysia yang dimaksud oleh Hendra adalah ganda putra Junaidi Arif/Roy King Yap, yang merupakan unggulan keempat di turnamen. Jika The Daddies mampu menembus semifinal maka pasangan itu kemungkinan akan menjadi lawan mereka.

Seandainya bisa menembus babak final, Hendra/Ahsan pun pasti akan ditunggu oleh lawan-lawan berat lainnya. Pasalnya, di separuh bagan undian teratas masih terdapat empat unggulan lainnya.

Keempat unggulan itu ialah Nur Mohd Azriyn Ayub Azriyn/Tan Wee Kiong (5), Choong Hon Jian/Muhammad Haikal (3), dan Kang Khai Xing/Aaron Tai (7) yang sama-sama dari Malaysia serta unggulan pertama asal China, He Ji Ting/Ren Xiang Yu.

Hendra/Ahsan akan melanjutkan upaya mereka pada Kamis, 13 Juni 2024. Lawan mereka di babak kedua adalah pasangan campuran Australia dan Korea Selatan, Ting Yuan-Kuo/Lee Jae-sun.

"Persiapan untuk pertandingan kedua, kami ada istirahat satu hari. Kami manfaatkan untuk latihan dan pemulihan saja," ujar Hendra yang pernah meraih medali emas ganda putra di Olimpiade Beijing 2008 bersama Markis Kido.

The Daddies adalah satu dari delapan wakil Indonesia yang menembus babak kedua turnamen dari sembilan wakil yang dikirim ajang berlevel Super 500 BWF tersebut.

Satu-satunya wakil yang langsung pulang di babak pertama adalah ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Pasangan unggulan keempat itu kalah melawan wakil Malaysia, Choong Hon Jian/Go Pei Kee.

Tujuh wakil lain yang menemani Hendra/Ahsan ke babak kedua adalah Chico Aura Dwi Wardoyo, Alwi Farhan, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi, Putri Kusuma Wardani, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, dan Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata.

Dari wakil-wakil ini, hanya Febriana/Amalia yang tidak mengeluarkan keringkat untuk mencapai babak kedua. Soalnya, mereka mendapat undian kosong pada babak pertama.