Bagikan:

JAKARTA – Lolos ke babak perempat final Indonesia Open 2024 membuat Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri semakin optimistis untuk memenangi gelar di turnamen ini.

Bagas/Fikri mendapat tiket delapan besar usai mengalahkan pasangan Perancis, Christo Popov/Toma Junior Popov, dua gim langsung dengan skor 21-11 dan 21-17 di Istora Senayan, Kamis, 6 Juni 2024, malam WIB.

Mereka adalah ganda putra pertama yang lolos setelah sebelumnya, yakni Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, tersingkir.

Fikri mengatakan bahwa kekalahan wakil lainnya tidak menyurutkan atau memengaruhi semangat mereka untuk mengejar gelar di turnamen Super 1000 BWF ini.

"Optimistis (juara) harus. Kami tidak perlu memikirkan pasangan lain, melainkan fokus dengan diri sendiri. Yang lain menang atau kalah, sebenarnya tidak berpengaruh buat kami," ujar Fikri.

Indonesia sudah dua tahun terakhir ini tidak pernah menjuarai Indonesia Open. Wakil terakhir yang berjaya di sini ialah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo pada 2021.

Fikri mengatakan peluang mereka untuk menyudahi puasa gelar itu terbuka. Ia berjanji akan memberikan yang terbaik untuk melewati perempat final dan semifinal.

"Peluang terbuka lebar. Kami harus percaya diri. Perlu menjaga pikiran dan mental untuk besok. Harus bermain memberikan terbaik, hasil belakangan," ujar Fikri.

Kans Indonesia untuk menjadi juara tahun ini mulai menipis seiring banyaknya wakil yang berguguran di babak perempat final. Selain dua ganda putra di atas, kekalahan juga dialami ganda putri, tunggal putri, dan ganda campuran.

Ganda putri yang kandas ialah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Lalu, tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo ikut angkat koper. Terakhir, ganda campuran kehilangan Adnan Maulana/Nita Violina Marwah.

Namun, beberapa saat setelah Bagas/Fikri, ganda putra berhasil menambah wakil melalui Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani.

Pasangan ini lolos usai menekuk peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 asal China Taipei, Lee Yang/Wang Chi Lin, dua gim langsung dengan skor 21-11 dan 21-18.