Patroli Polisi Disergap Militan Kuki di Jiribam India, 1 Aparat Tertembak

JAKARTA - Militan etnis Kuki menyergap kepolisian yang sedang berpatroli di Distrik Jiribam, India pada Sein 10 Juni pagi. Serangan ini menyebabkan seorang polisi mengalami luka tembak.

Indianexpress melaporkan, insiden ini terjadi menjelang rencana kunjungan Ketua Menteri Manipur N. Biren Singh ke distrik tersebut pada Selasa 11 Juni.

Menurut pernyataan kepolisian, polisi yang disergap militan Kuki sedang mempersiapkan kunjungan CM.

Penyergapan terjadi Jalan Raya Nasional 37, jalan utama yang menghubungkan Imphal dan Jiribam sekitar pukul 10.40 waktu setempat. Kawasan tersebut memang didominasi militan Kuki dan Zomi.

Polisi alami luka tembak di bahu kanan diidentifikasi bernama Moirangthem Ajesh (32) dari Distrik Bishnupur. Korban langsung dievakuasi setelah kejadian ke rumah sakit di Imphal.

Aparat militer gabungan dari pasukan negara dan Assam Rifles telah dikerahkan untuk mengejar militer Kuki yang menjadi dalang insiden ini.

Kawasan di Jiribam memang sempat memanas pada Kamis 6 Juni buntut penemuan jenazah seorang pria suku Meitei dengan bekas luka sekujur badan.

Usai penemuan jenazah itu, terjadi pembakaran rumah-rumah suku Hmar-Mizos. Dua pos polisi dan kantor penjaga hutan juga ikut menjadi korban kericuhan tersebut.