Bagikan:

JAKARTA - Gelombang panas di China diperkirakan akan menyebar ke kawasan bagian utara pada pekan ini. Sengatan cuaca panas diperkirakan melebihi 40 derajat celcius.

Mengutip CNN, otoritas Meteorologi Pusat China (NMC) menerbitkan peringatan dini terkait adanya penyebaran gelombang panas di China bagian utara pada hari ini, Senin 10 Juni.

Suhu panas di China sejak Sabtu 8 Juni telah memecahkan rekor dari musim-musim semi sebelumnya di China.

Media lokal yang dikelola pemerintah, Global Times, melaporkan peringatan dini ini diterbitkan di tengah puluhan ribu lulusan sekolah menengah atas (SMA) di China sedang menjalani ujian masuk perguruan tinggi nasional (Gaokao).

Mengingat suhu ekstrem ini, salah satu sekolah di distrik Chaoyang, Beijing, sampai membagikan es krim gratis kepada para orang tua yang berada di luar gerbang menunggu anaknya ujian.

Pada Minggu 9 Juni, tujuh stasiun meteorologi nasional mengumumkan kawasan pesisir di Provinsi Shandong mencatat suhu tertinggi. Sementara wilayah di Provinsi Hebei utara dan Xinjiang barat suhu melonjak di atas 40 derajat celcius atau 104 derajat Fahrenheit.

Kepala Prakiraan Cuaca di Pusat Iklim Nasional China, Zheng Zhihai, mengatakan sebagian besar wilayah China diperkirakan akan mengalami suhu panas lebih tinggi dari biasanya di momen musim panas saat ini.

Sedangkan durasi suhu panas di China ini diperkirakan akan lebih lama dari biasanya.