Volvo Mulai Produksi EX90 di AS, Dikirimkan Paruh Kedua Tahun Ini

JAKARTA - Volvo mengumumkan satu unit pertama dari EX90 berhasil melalui fase produksi. Model ini akan memperkuat portofolio pabrikan dalam hal elektrifikasi sepenuhnya.

Model ini mengusung gaya SUV tiga baris dan diharapkan dapat merubah paradigma bagi perusahaan karena ini adalah mobil Volvo pertama yang didukung oleh teknologi komputasi inti, sebuah teknologi yang memungkinkan era baru keselamatan bagi mobil kami.

“Volvo EX90 yang sepenuhnya listrik adalah awal dari era baru untuk keselamatan, keberlanjutan, dan teknologi yang berpusat pada manusia,” Chief Executive Volvo Cars Jim Rowan, dikutip dari laman resmi merek, Kamis, 6 Juni.

Volvo EX90 dirakit di pabrik Charleston, South Carolina, Amerika Serikat (AS). Dijadwalkan unit pertama akan dikirimkan mulai paruh kedua tahun ini.

Mobil tersebut telah diperkenalkan pada November 2022 dan dijadwalkan akan meluncur ke pasar pada tahun 2024 ini. Volvo EX90 diharapkan dapat memenuhi kebutuhan mobilitas ramah lingkungan dengan menawarkan ruang yang lega dengan kapasitas lebih luas.

Volvo EX90 dibangun di atas platform Scalable Product Architecture 2 (SPA2) yang dikembangkan oleh Volvo. Platform ini juga menjadi basis dari Polestar 3.

Model ini akan ditawarkan dalam dua versi powertrain, yakni Twin Motor yang memiliki tenaga hingga 300 kW dan Twin Motor Performance yang memiliki daya lebih tinggi 370 kW. Meski demikian, kedua varian ini memiliki kesamaan mengusung penggerak semua roda.

Dengan performa motor listrik ganda yang impresif, EX90 dapat berlari dari 0 ke 97 km/jam dalam waktu 5,7 detik untuk varian Twin Motor. Sedangkan, Twin Motor Performance menawarkan akselerasi dari 0 ke 97 km/jam dalam 4,7 detik.

Kedua tipe ini dilengkapi dengan paket baterai sebesar 111 kWh yang diklaim dapat menawarkan jarak tempuh hingga 482 km. Volvo EX90 memiliki kemampuan mengisi daya dari 10 persen ke 80 persen dalam waktu 30 menit dengan pengisi daya berkekuatan 250 kW.

Pabrikan juga menawarkan dua pilihan trim, yakni Plus dan Ultra, serta opsi konfigurasi 6-7 tempat duduk. Semua trim menawarkan perlengkapan standar mulai dari heat pump, kursi depan dan belakang berpemanas, serta setir kemudi berpemanas.

Bersaing dalam segmen kendaraan listrik premium, Volvo EX90 dibanderol dengan harga mulai dari 77.990 dolar AS atau setara Rp1,2 miliar untuk varian awal hingga tertingginya yang mencapai 87.840 dolar AS sekitar Rp1,3 miliar.