PAN Usul Duet Kaesang-Zita Anjani di Pilgub DKI, PSI Masih Jual Mahal

JAKARTA - Ketua Desk Pilkada PSI DKI Jakarta Justin Adrian menanggapi usulan PAN untuk memasangkan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan Ketua DPP PAN Zita Anjani di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Justin meyebut partainya masih melihat tokoh-tokoh dari partai lain yang potensial untuk diusung PSI. Sehingga, belum partainya menerima putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan tersebut untuk dipasangkan dengan putra Presiden Jokowi tersebut.

"Saya kira Mbak Zita, alternatifnya banyak. Semua pihak masih menunggu sepertinya siapa yang dikeluarkan oleh partai mana," kata Justin kepada wartawan, Rabu, 5 Juni.

Kini, PSI tengah membuka komunikasi dengan sejumlah partai politik (parpol) yang lolos Pileg DPRD DKI Jakarta 2024 untuk membahas peluang koalisi.

Mengingat, tak ada satupun parpol yang memenuhi jumlah kursi atau suara di Pileg DPRD DKI untuk bisa mengusungpasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI sendirian.

"Kita komunikasi dengan PAN, Gerindra, Demokrat, bahkan PKB. Cuma, memang belum ada hasil akhirnya juga, ya. Kita juga di level jakarta hanya sebatas memberikan rekomendasi ke pusat (DPP PSI)," jelas Justin.

Lagipula, menurut dia, Kaesang belum tentu memutuskan untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta. Sehingga, PSI DKI Jakarta masih membuka penjaringan bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk diseleksi hingga akhir bulan Juli sebelum mengeluarkan rekomendasi pengusungan.

"Ada yang kita pertimbangkan dari yang mendaftar, ada juga mungkin komunikasi di belakang. Mas Kaesang belum tentu mau maju juga kan? Semuanya masih dinamis," urainya.

Sebelumnya, Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Patrio menilai Kaesang dan Zita sangat cocok diduetkan pada Pilgub Jakarta mendatang. Sebab keduanya sama-sama berasal dari kalangan muda.

"Kalau kemarin ada Eko, ada Bima, ada Pasha, ada Zita, sekarang kita langsung udah dikerucutin aja ke Zita Anjani aja. Secara dia kan juga pimpinan dewan di DKI Jakarta. Dan tentang kaitan masalah konsentrasinya di pendidikan, buat saya matching. Apalagi kalau misalnya Zita sama Kaesang, sama-sama muda gitu ya," tutur Eko.