Pendarat Chang'e-6 Berhasil Mengumpulkan Sampel di Bulan

JAKARTA – Setelah mendarat di sisi jauh bulan pada Sabtu, 1 Juni lalu, modul ascender telah lepas dari pendarat Chang'e-6. Badan Antariksa China (CNSA) mengatakan bahwa modul ini baru lepas pada 3 Mei lalu.

Chang'e-6 telah menjalankan tugasnya, yaitu mengumpulkan sampel batuan dan regolit dari permukaan bulan. Wahana pendarat itu berhasil mengumpulkan 2.000 gram sampel dan seluruh sampelnya telah dimasukkan ke dalam modul ascender.

Insinyur Beijing Aerospace Control Center (BACC) Li Xiaoyu, dikutip dari Spacenews, mengatakan bahwa proses pengumpulan dan pengemasan sampel berjalan dengan baik. "Pekerjaan pengemasan telah selesai dalam kondisi normal dan seluruh prosesnya lancar."

Setelah dimasukkan ke dalam ascender, modul itu lepas landas dengan bantuan satelit Queqiao-2. Kendaraan pendakian ini sudah berada di orbit dan diperkirakan akan bertemu dengan modul layanan misi dalam beberapa hari ke depan.

Setelah terpasang di dok, tabung yang berisi sampel akan dipindahkan ke modul lainnya saat proses masuk kembali ke Bumi. Di proses tersebut, modul ascender akan dibuang dan modul layanan akan dijatuhkan ke permukaan Bumi.

Menurut perkiraan CNSA, proses de-orbit atau masuk kembali ke atmosfer Bumi akan terjadi pada 20 atau 21 Juni mendatang. Sementara itu, modul layanan yang membawa sampel akan mendarat di Mongolia pada 25 Juni mendatang.

Jika modul layanan berhasil melakukan pendaratan, China akan berhasil mengumpulkan sampel dari Bulan. Sampel yang dikumpulkan akan diteliti lebih lanjut untuk mengetahui material apa saja yang terkandung di bagian bawah kerak bulan.