Instagram Uji Coba Jeda Iklan yang Tidak Bisa Dilewati

JAKARTA – Instagram, platform di bawah naungan Meta, sedang menguji fitur baru yang mengganggu aktivitas pengguna. Fitur baru ini adalah Ad Break atau Jeda Iklan yang akan muncul saat pengguna menggulir layar.

Menurut beberapa pengguna di platform X dan Reddit, Jeda Iklan yang mereka temukan di Instagram akan muncul setelah mereka menggulir layar beberapa kali. Fitur ini akan muncul saat mereka sedang melihat Story, timeline, maupun Explore.

Ketika Jeda Iklan muncul, pengguna tidak bisa menggulir layar karena langkah mereka dicegah oleh Instagram. Pengguna akan melihat ikon Jeda Iklan dengan penghitung mundur. Setelah ikonnya menghilang, pengguna bisa kembali menggulir layar.

Bagi sebagian orang, fitur ini adalah gangguan meskipun jedanya sangat singkat. Terlebih lagi, Instagram sudah memiliki postingan bersponsor atau iklan yang muncul di tengah konten sehingga kehadiran fitur baru ini dapat mempersulit aktivitas pengguna.

Belum banyak pengguna yang mengeluhkan fitur baru ini karena Juru Bicara Instagram, Matthew Tye, mengatakan kepada The Verge bahwa Jeda Iklan masih diuji. Perusahaan belum mengatakan kapan fiturnya akan diperluas ke lebih banyak pengguna.

Instagram sengaja menghadirkan fitur Jeda Iklan untuk memberikan nilai baru bagi pengiklan dan tentunya bisa lebih menguntungkan. "(Instagram akan memberikan pembaruan jika pengujian ini menghasilkan perubahan produk formal.”

Bagi pengguna yang melihat fitur Jeda Iklan ini, mereka dapat mengetuk ikon informasi dari fitur tersebut. Ketika diketuk, platform tersebut akan menjelaskan bahwa, "Jeda iklan adalah cara baru untuk melihat iklan di Instagram. Terkadang Anda mungkin perlu melihat iklan sebelum dapat terus menjelajah.”