Komisi X DPR Setujui Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven

JAKARTA - Komisi X DPR menyetujui permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia bagi pesepakbola, Calvin Ronald Verdonk dan Jens Raven.

Keputusan terkait naturalisasi dua pemain bola keturunan itu diambil dalam rapat kerja (raker) Komisi X DPR bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Sekjen PSSI Yunus Nusi, di kompleks gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 3 Juni. 

"Komisi X memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan atas nama Calvin Ronald Verdonk dan Jens Raven," ujar Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian sebagai pimpinan rapat. 

"Dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," sambungnya. 

Dalam raker tersebut, Menpora Dito Ariotedjo mengungkapkan alasan pertimbangan memberikan status WNI bagi Calvin Verdonk dan Jens Raven. Yakni keduanya memiliki keturunan Indonesia.

Dito menjelaskan, Calvin Verdonk memiliki darah keturunan Aceh dari sang Ayah. Saat ini ia merupakan pemain klub bergengsi di Belanda, Feyenoord. 

Di klub tersebut, kata Dito, Calvin hampir bermain 200 pertandingan sepakbola papan atas yang telah ia ikuti di Belanda dan Portugal pada usia 26 tahun.

"Ia selalu bersemangat bermain untuk Indonesia, negara tempat beberapa anggota keluarganya dilahirkan dan dibesarkan. Dia adalah seorang pemain kidal dengan bakat dan kepercayaan diri untuk bermain di sayap kiri, terutama menggunakan tendangan kaki kiri dan kemampuan menembaknya yang tiada duanya," jelas Dito.

Sementara Jens Raven, tambah Dito, merupakan sosok dengan fisik tinggi dan kuat, serta seorang bintang yang sedang naik daun yang menempati posisi striker. Jens Raven memiliki garis keturunan dari sang nenek yang berasal dari Yogyakarta.

"Tipe striker yang saat ini tidak dimiliki oleh timnas Indonesia di level mana pun. Menggunakan atribut fisiknya yang berbakat dimana tingginya hampir 190 cm," kata politikus Golkar itu.

Menurut Dito, Raven bisa menjadi salah satu pilihan striker hebat untuk mewakili Indonesia di AFC U-20 Asian Cup 2025.

"Di mana dia bisa berkembang lebih jauh dan diuji untuk bermain di level yang lebih tinggi di Tim Nasional Indonesia, tim seperti tingkat U-23 dan senior," tandasnya.